15 August 2019, 06:40 WIB

Program Mindfulness Dongkrak Prestasi Siswa


mediaindonesia | Humaniora

Dok. Global Sevilla
 Dok. Global Sevilla
Peringatan ulang tahun ke-16 Global Sevilla School mengangkat tema A Day of Mindfullness (9/10/2018) 

PROGRAM mindfulness, sejenis meditasi yang disisipkan dalam aktivitas sehari-hari, yang dipraktikkan di sekolah dasar Global Sevilla School dirasakan dapat membantu siswa lebih fokus menghadapi proses belajar mengajar.

Menurut Michael Thia, Superintendent Global Sevilla, program mindfulness yang sudah dijalankan dalam empat tahun terakhir juga dirasakan dapat memacu prestasi siswa. "Kami bangga Global Sevilla adalah sekolah yang pertama kali menggunakan metode berkesadaran secara sistematis, terintegrasi dengan kurikulum dan dijalankan secara intensif," kata dia.

Efektivitas program ini dirasakan bisa menjaga kesadaran siswa pada saat melakukan segala aktivitas baik di dalam maupun luar kelas. "Jika ada murid yang stres dan gugup saat menghadapi pelajaran, kami bersama-sama melakukan silent moment selama 3 menit untuk kembali fokus," ujarnya.

Hal itu juga dirasakan Florine Luminita Chandra, 15, yang mengaku terbantu saat belajar di sekolah dan mengikuti lomba renang skala nasional maupun internasional dengan prestasi yang membanggakan. "Walaupun banyak tanggung jawab, saya bisa mengerjakannya secara sistematis, fokus dan tidak panik. Prestasi saya membaik," kata siswa kelas XI itu.(RO/H-1)

BERITA TERKAIT