15 August 2019, 06:20 WIB

Menteri LHK Minta BLI Lakukan Penelitian Komersial


mediaindonesia | Humaniora

 Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
  Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
Kepala BLI KLHK Agus Julianto

BADAN Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLI-KLHK) didorong untuk memperbanyak komersialisasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan di sektor lingkungan dan kehutanan.

"Untuk saat ini litbang tidak hanya bergerak di pelayanan publik, tetapi juga harus bergerak untuk memperluas agenda-agenda komersial dan bisnis," kata Menteri LHK Siti Nurbaya dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Balitbang dan Inovasi KLHK Agus Justianto dalam Festival Tropical Forestry and Environment Research di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong, Kota Tangerang Selatan, Selasa (13/8).

BLI-KLHK juga diminta untuk menginisiasi pengetahuan di industri kehutanan. Selain itu, pemasaran hasil penelitian secara fisik sudah saatnya diperkuat dengan digitalisasi dan didukung sumber daya manusia yang berkompeten.

Agus mengungkapkan saat ini setidaknya lebih dari 200 inovasi yang sudah dikomersialisasi dan lebih dari 50 paten dihasilkan BLI-KLHK. "Kini, KLHK juga terus mendorong peneliti-penelitinya untuk menghasilkan inovasi baru dan menambah paten." (SM/H-1)

BERITA TERKAIT