14 August 2019, 19:05 WIB

Anggota Polres Klungkung Wajib Ikut Program Penurunan Berat Badan


Arnoldus Dhae | Nusantara

MI/Arnoldus Dhae
 MI/Arnoldus Dhae
Polisi dengan bobot tubuh lebih besar di Klungkung wajib ikut program penuruan berat badan.

Kapolres Klungkung AKBP I Komang Sudana memerintahkan puluhan anggota Polri yang saat ini sedang berdinas di Polres Klungkung yang berat badannya melebihi bobot ideal atau normal untuk mengikuti program penurunan berat badan. Pihaknya mengaku sudah mendata semua anggota Polri yang saat ini berdinas di Polres Klungkung yang wajib mengikuti program penurunan berat badan.

"Kita sudah mendata anggota dengan berat badan atau bobot tubuh tidak ideal sebagaimana layaknya anggota Polri. Kita minta agar mengikuti program mengikuti program penurunan berat badan ideal, agar tidak menghalangi tugas-tugas Polri," ujarnya, Rabu (14/8).

Menurut Kapolres Klungkung, jumlah anggota yang tercatat dengan berat badan tidak ideal mencapai 24 orang. "Sebanyak dua puluh empat  anggota Polres Klungkung yang memiliki badan gendut (overweight) menjalani program pengendalian berat badan, Overweight merupakan kondisi berat badan seseorang melebihi berat badan normal pada umumnya," ujarnya.

Program tersebut terpaksa dilakukan karena anggota yang bersangkutan tidak disiplin, tidak menjaga pola makan, pola istirahat, olahraga yang cukup. Ia mengingatkan agar seluruh anggota Polri harus mampu menjaga kesehatan fisiknya, baik jasmani maupun rohani. Sebab, bila tubuh seorang anggota Polri tidak sehat, tugas-tugas yang dijalani akan menemui banyak kendala di lapangan.

Kapolres mengatakan, program pengendalian berat badan bagi anggota Polres Klungkung tersebut adalah dalam rangka menindaklanjuti program Kepolisian Republik Indonesia (Polri) guna memperbaiki performa personel Polri yang mengalami kegemukan.

Program pengendalian berat badan melalui program Indek Masa Tubuh (IMT) diikuti sebanyak 24 personel yang akan dilaksanakan 4 hari pada 12-15 Agustus 2019. Di hari pertama telah dilaksanakan kegiatan yang diawali dengan pengecekan tensi, pemanasan lari dan jogging, pendinginan.

“Personel Polres Klungkung  dituntut untuk menjaga kodisi tubuh tetap prima dan memiliki postur tubuh yang ideal sebagai penunjang dalam melaksanakan tugas,” terangnya

Selain itu, upaya ini juga untuk memperbaiki kesehatan anggota dengan olahraga.  Seluruh personel Polres Klungkung yang memiliki postur tubuh yang tidak ideal. Terutama yang memiliki kebelihan berat badan diwajibkan mengikuti progam pengendalian berat badan.

“Tujuannya agar tubuh mereka ramping dan sehat, karena saat melaksanakan tugas bisa bergerak lebih siap dan sigap dalam melayani masyarakat. Program ini sangat positif dampaknya, sehingga yang semula polisi gendut tadi dapat memiliki pustur tubuh yang ideal,” pungkasnya.

Ia meminta kepada personel yang mengikuti program pengendalian berat badan. Selain menjalani olahraga teratur baik di kantor namun juga dilaksanakan di rumah masing-masing. “Dan diimbangi dengan menjaga pola makan serta istirahat yang cukup,” tukasnya. (OL/OL-10)

BERITA TERKAIT