14 August 2019, 14:58 WIB

1.000 ASN dan Jaksa Turun Padamkan Karhutla


Surya Sriyanti | Nusantara

MI/Surya Sriyanti
 MI/Surya Sriyanti
Seribu ASN dan jaksa diturunkan untuk ikut membantu memadamkan karhutla di Palangka Raya, Kalteng, Rabu (14/8). 

PEMERINTAH Provinsi Kalteng turunkan seribu Aparatur Sipil Negara (ASN) serta jaksa untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kota Palangka Raya. Sebelumnya sebanyak 1.512 personel TNI dan Polri diturunkan untuk membantu pemadaman 100 desa di Kalteng. Hal ini dikatakan Sekda Kalteng Fahrizal Fitri seusai salat istighosah atau salat minta hujan di lingkungan Kejaksaan Tinggi Kalteng, Rabu (14/8) di Palangka Raya. Menurut Fahrizal, pemadaman serentak yang dilakukan ASN Pemprov Kalteng bersama jaksa di Palangka Raya dilakukan satu hari ini saja.

"Mereka akan melakukan pemadaman di Kota Palangka Raya. Seperti pemadaman api di Desa Kalampangan dan di dalam kota," ujar Fahrizal.

Tindakan ini merupakan bentuk kepedulian ASN dan jaksa dalam mengendalikan karhutla yang melanda Kota Palangka Raya.

"Biasanya Kota Palangka Raya udaranya bersih. Namun saat ini sangat jelek. Untuk itu kita semua peduli," jelasnya.

Menurutnya, karhutla tahun ini yang terbesar adalah Kota Palangka Raya dibandingkan kabupaten lainnya di Kalimantan Tengah.

"Kita bersyukur beberapa pelaku yang melakukan pembakaran secara sengaja sudah tertangkap dan merupakan efek jera buat yang lain agar tidak membakar," tegasnya.

baca juga: Baru Keluar Penjara, Sopir Angkot Edarkan Sabu

Pada bagian lain, Kepala Kejaksaan Tinggi Kalteng, Adi Susanto mengatakan bahwa dalam kegiatan jaksa peduli, pihaknya mengajak para ASN di lingkungan Pemprov Kalteng dan pemerintah kota untuk melakukan sosialisasi karhutla, melakukan salat istighosah dan memadamkan titik api di berbagai tempat.

"Dibantu fasilitas damkar  Pemko Palangka Raya, Dishub Provinsi dan instansi terkait lainnya," kata Adi.

Ia berharap gerakan ini bisa mempercepat pemadaman karhutla di Palangka Raya. (OL-3)

BERITA TERKAIT