14 August 2019, 13:10 WIB

Sambut HUT RI, Makan Siang Dubes Jepang Pakai Nasi Merah Putih


Bintang Krisanti | Weekend

Instagram @jpnambsindonesia
 Instagram @jpnambsindonesia
Dubes Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi bersantap siang dengan makanan Indonesia.

DUTA Besar Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi, sudah lama terkenal dengan unggahan Instagram soal makanan-makanan nusantara yang menjadi santapan siangnya. Tidak hanya mengundang simpatik, unggahan di akun @jpnambsindonesia itu juga menghibur karena sang Dubes tidak malu untuk berpose lucu dan kekinian.

 
Misalnya, saat 17 Juli 2019 lalu mengunggah foto makan siang berupa ikan cakalang fufu khas Manado, Sulawesi Utara, Ishii berpose sembari tersenyum dan mengepalkan tangan kanan di dagunya. Mirip pose gemas yang umum di kalangan remaja. Di caption foto Ishii mengatakan jika Fufu dalam Bahasa Jepang adalah ungkapan untuk sesuatu yang lucu. Sementara di foto kedua, masih di unggahan yang sama, pria berusia 61 tahun itu berpose sambil membentuk lambang hati dengan tangannya. Ia juga memangku buku Flora for Sulawesi.
 
Dengan unggahan-unggahan makanan Indonesia yang dibuat setidaknya seminggu sekali itu, akunnya populer. Kini, ia memiliki pengikut lebih dari 80 ribu akun.
 
"Diplomasi kuliner" ala Ishii itu tidak ketinggalan dalam menyambut momen penting, termasuk HUT RI. Selasa (13/8), Ishii mengunggah foto kuliner makan siangnya sembari ia memegang bendera merah putih. 
 
Makanannya pun sengaja disiapkan dengan tema merah putih. Itu dilakukan lewat dua macam nasi di piringnya, yakni nasi merah dan putih. Ishii pun memastikan para pengikutnya melihat dua jenis nasi itu dengan menuliskannya di keterangan foto.
 
'Apakah terlihat oleh teman-teman? Nasinya seperti bendera Indonesia merah putih...,' tulisnya. Dia juga menuliskan soal pita merah putih yang diikatkan di pergelangan tangannya. Pita ini baru terlihat jelas di foto kedua yang tampak diambil setelah Ishii menuntaskan santap siang di ruang kerja itu. 
 
Makin unik, karena menu makan siang itu juga dilengkapi dengan minuman wedang jahe. Ishii yang gemar masakan rumahan Indonesia mengaku jika tenggorokannya sedang terasa tidak enak. Waduh, semoga segera sembuh ya Dubes Ishii! (M-1)

BERITA TERKAIT