14 August 2019, 10:22 WIB

1.000 Hektare Hutan dan Lahan di Kalsel Terbakar


Denny Susanto | Nusantara

MI/Denny Susanto
 MI/Denny Susanto
Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalimantan Selatan kini mencapai 1.000 hektare. 

KEBAKARAN hutan dan lahan di Kalimantan Selatan (Kalsel) terus meluas. Tercatat sudah hampir 1.000 hektare. Mabes Polri pun turun tangan membantu penanganan karhutla di Kalsel. Data terakhir Pusat Pengendalian dan Operasional (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalsel menyebutkan luas hutan dan lahan yang terbakar di Kalsel mencapai 980 hektare. Sekitar 8,5 hektar adalah kawasan hutan. Jumlah titik api yang terpantau Satelit Aqua Terra sebanyak 89 titik api dan terbanyak muncul di Kabupaten Tapin sebanyak 46 titik api.

"Sebagian besar kebakaran terjadi di areal penggunaan lain atau lahan pertanian yang disebabkan adanya aktivitas pembukaan dan pembersihan lahan. Namun ada juga yang terbakar dengan sendirinya," ungkap Kepala Bidang Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kalsel, Sahrudin di Banjarmasin, Rabu (14/8).

Menurutnya karhutla saat ini telah melanda hampir semua wilayah Kalsel selain Kota Banjarmasin. Selain Tapin karhutla terbanyak terjadi di Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, Tabalong, Barito Kuala, Tanah Laut dan Tanah Bumbu. Sementara kawasan hutan yang terbakar terjadi di Kabupaten Banjar, Tanah Laut dan Kota Banjarbaru.

Diakui Sahrudin Satgas penanggulangan karhutla Kalsel mulai kewalahan mengatasi titik api yang muncul di banyak lokasi ini. Karena karhutla seringkali berada di lokasi yang sulit dijangkau kecuali menggunakan helikopter water bombing. Oleh karena itu BPBD Kalsel telah meminta tambahan helikopter water bombing kepada BNPB.

Pada bagian lain Tim Asistensi dan Supervisi Mabes Polri yang diketuai Brigjen Edi Setio Budi Santoso turun ke Kalsel dalam rangka penanggulangan karhutla, Rabu (14/8). Pada kesempatan itu Brigjen Edi Setio Budi Santoso memberikan pengarahan kepada Satgas Pencegahan Karhutla terkait upaya penanggulangan karhutla.

baca juga: Kawasan Pantai di Bangka Mulai Dipenuhi Plastik

Tim Asistensi dan Supervisi Mabes Polri akan turun langsung mengendalikan proses mitigasi Karhutla, dimana Kalsel menjadi salah satu prioritas.

"Tim Asistensi dan Supervisi Mabes Polri langsung mengendalikan proses mitigasi dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan," tuturnya. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT