14 August 2019, 09:55 WIB

Uji Coba Perluasan Ganjil Genap Belum Berdampak pada Transjakarta


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/Bary fathahilah
 MI/Bary fathahilah
Pembatasan kendaraan pribadi dengan plat kendaraan ganjil dan genap belum berdampak pada peningkatan jumlah penumpang angkutan Transjakarta.

Dua hari pelaksanaan uji coba perluasan pembatasan kendaraan pribadi dengan plat kendaraan ganjil dan genap belum berdampak pada peningkatan jumlah penumpang angkutan Transjakarta.

Menurut Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono, jumlah penumpang kerap naik turun setiap harinya karena berbagai faktor.

Pengaruh kenaikan penumpang karena efek ganjil genap menurutnya baru bisa dipastikan setelah uji coba berjalan cukup lama.

"Kenaikan terus terjadi. Jadi belum bisa disimpulkan efek dari apa, karena masih baru berjalan," tegas Agung saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (14/8).

Di sisi lain para operator yang bekerja sama dengan Transjakarta telah siap melakukan pembelian bus serta angkutan mikrotrans untuk menambah armada guna meningkatkan layanan.

Penambahan unit ini juga dilakukan untuk melayani arus pertambahan penumpang yang beralih dari kendaraan pribadi karena terdampak ganjil genap.

"Pengadaan 310 unit untuk bus sedang. Dan 1.400 unit bus mikro. Sedang berjalan untuk bus besar juga," ujar.

Agung menjelaskan kenaikan penumpang karena perpindahan dari kendaraan pribadi sebagai dampak ganjil genap berkisar antara 7% hingga 25%.

Perhitungan tersebut berdasarkan pada penambahan jumlah penumpang saat perpanjangan durasi ganjil genap selama penyelenggaraan Asian Games 2018 lalu.

Saat itu ganjil genap belum diperluas namun durasinya menjadi 15 jam diberlakukan sejak pukul 06.00-21.00. Sementara untuk saat ini durasi ganjil genap dibagi menjadi dua yakni pagi pada pukul 06.00-10.00 dan sore pukul 16.00-21.00.

"Belum ada kajian prediksi, namun pengalaman dari ganjil genap saat Asian Games 2018, berdampak pada peningkatan kelancaran perjalanan bus Transjakarta antara 7%-25%," tuturnya.(OL-09)

BERITA TERKAIT