14 August 2019, 10:45 WIB

Tiongkok Tolak Kapal Perang AS Dekati Hong Kong


Fajar Nugraha | Internasional

ANTARA/M Irfan Ilmie
 ANTARA/M Irfan Ilmie
USS Green Bay

TIONGKOK menolak keras permintaan Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) untuk mengunjungi Hong Kong. Sebelumnya, kedua negara terlibat perdebatan sengit terkait protes prodemokrasi yang tengah terjadi di Hong Kong.

Armada Pasifik mengatakan dua kapal Angkatan Laut AS meminta diizinkan masuk ke Hong Kong.

USS Green Bay, kapal pendarat amfibi, akan berlabuh di Hong Kong pada Sabtu (17/8). Sementara kapal penjelajah rudal USS Lake Erie merencanakan berlabuhan di sana pada bulan depan.

"Pemerintah Tiongkok menolak permintaan kunjungan pelabuhan ke Hong Kong oleh kedua kapal itu,” kata Wakil Juru Bicara Armada Pasifik AS Komandan Nate Christensen, seperti dikutip AFP, Rabu (14/8).

Berminggu-minggu protes di bekas koloni Inggris semiotonom Hong Kong terus meningkat. Para demonstran memblokir dan melumpuhkan bandara pada Selasa.

Baca juga: Penerbangan Tinggalkan Hong Kong Mulai Normal

Beijing menuduh protes antipemerintah didanai Barat. Tetapi tuduhan itu tidak disertai dengan bukti.

Awal bulan ini, Beijing menuntut agar para diplomat AS yang bermarkas di Hong Kong ‘berhenti mencampuri’ urusan dalam negerinya. Peringatan dikeluarkan setelah ada laporan diplomat AS bertemu dengan para aktivis prodemokrasi.

Namun, Presiden AS Donald Trump menghadapi kritik di dalam negeri pada Selasa (13/8) karena menghindari kata-kata keras atas tanggapan Beijing terhadap para pengunjuk rasa.

Kapal Angkatan Laut AS terakhir mengunjungi Hong Kong pada April. September lalu, dengan meningkatnya ketegangan perdagangan AS-Tiongkok, Beijing tidak menyetujui permintaan USS Wasp untuk melakukan kunjungan. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT