14 August 2019, 06:20 WIB

300 RS Minta Kelas Layanan Ditinjau Ulang


mediaindonesia | Humaniora

MI/Dwi Apriani
 MI/Dwi Apriani
sebanyak 615 RS di Indonesia yang mengalami penurunan kelas, 

SEKITAR 300 dan 615 rumah sakit yang direkomendasikan turun kelas telah mengajukan sanggahan ke Kementerian Kesehatan. Dalam waktu tujuh hari, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan akan menyampaikan rekomendasi kelas rumah sakit, dan hasilnya akan disampaikan pada Kementerian Dalam Negeri dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk dilakukan kontrak kerja sama baru sesuai kelas.

Hal itu ditegaskan Direktur Jenderal Pelayanan Kementerian Kesehatan Bambang Wibowo di Jakarta, kemarin. RS sebelummya diminta mengisi data untuk verifikasi dan validasi yang berakhir pada Senin (12/8).

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek meminta rumah sakit yang direkomendasikan turun kelas diminta untuk memperbaiki dan memenuhi kriteria. Nantinya hasil tinjau ulang kelas oleh tim reviu rumah sakit akan dikelompokkan dalam beberapa kategori, yakni hijau yang berarti RS sudah sesuai kelas, merah artinya RS tidak sesuai kelas, dan abu-abu atau RS yang tidak melakukan pengisian kriteria SDM dan ASPAK. (Ind/H-2)

BERITA TERKAIT