15 August 2019, 08:35 WIB

Yang Lezat dan Sehat untuk di Pagi Hari


Irana Shalindra | Weekend

Unsplash/THE 5TH
 Unsplash/THE 5TH
Sarapan merupakan makan paling penting dalam satu hari, terutama jika Anda mengidap diabetes.

Anda tentu pernah mendengar bahwa sarapan disebut sebagai waktu makan paling penting dalam satu hari. Menjadi lebih penting jika Anda menderita diabetes. Makan pagi membantu menjaga glukosa darah Anda stabil dan mengurangi kemungkinan Anda makan berlebihan di kemudian hari.

Seiring waktu,  sarapan secara teratur dapat menjaga pinggang Anda ramping dan risiko tekanan darah tinggi terkendali. Namun, tidak hanya muffin atau bagel yang bisa dilakukan — coba opsi yang dikontrol karbohidrat dan kaya protein ini untuk memulai hari Anda dengan benar.


'Omelet' sayur
Masukkan cacahan sayuran segar — pikirkan bawang, bayam, tomat, dan jamur — dalam wajan dengan sedikit minyak jagung atau minyak canola. Tumis sebentar, lalu angkat. Kemudian, tuangkan 1/2 cangkir pengganti telur dicampur dengan 1 sendok makan susu bebas lemak ke dalam wajan. Masak selama dua hingga tiga menit hingga tidak lagi lembab. Masukkan tumisan sayuran, berikut rempah segar, dan 1/2 ons keju feta di atas 'telur'. Kemudian lipat dan lepaskan dari panas.

Good Morning Parfait
Pilih yoghurt light vanilla atau plain bebas lemak favorit Anda. Masukkan 3 ons ke dalam parfait dish atau gelas jus. Kemudian tambahkan 2 sendok makan sereal serat tinggi, granola, atau kacang-kacangan, seperti pecan, sebelum kemudian dilapis lagi dengan yoghurt, berikut 1/2 cangkir blueberry dan atau stroberi.
 

Oat
Anda dapat menikmati oat. Pilih saja steel cut (irish) oat, atau stone-ground (scottish) oat alih-alih oat instan. Memang butuh waktu lebih lama saat memasak, tapi efeknya jauh lebih stabil pada glukosa darah Anda. Untuk menambah nutrisi, sertakan kacang-kacangan dan irisan buah-buahan pada oat Anda.

Smoothies Buah
Campurkan 1/2 cup greek yogurt nonfat tanpa rasa (plain) dengan 2 sendok makan susu rendah lemak dan 1/2 cangkir buah beku favorit Anda tanpa pemanis. Untuk menambahkan lemak sehat, haluskan juga satu sendok makan selai kacang atau biji rami. Pertimbangkan untuk membumbui dengan kayu manis — beberapa penelitian menunjukkan rempah-rempah ini mengurangi tekanan darah, kolesterol, dan glukosa darah.

Toast Plus
Ambil setangkup roti gandum atau sebungkus muffin Inggris —tetap pastikan bahan pertama pada labelnya adalah whole weat alias gandum utuh. Masukkan roti dalam pemanggang. Sajikan dengan olesan 1-2 sendok makan mentega almond, selai kacang, atau hummus, dan segelas susu rendah lemak.

Quinoa Breakfast Pudding
Biji-bijian ini tinggi proteinnya, bebas gluten, dan menjadi asupan karbo yang relatif lebih sehat daripada nasi. Rebus secangkir air, lalu masukkan 1/2 gelas quinoa yang sudah dibilas. Aduk-aduk, kemudian, tutup dan didihkan selama sekitar 15 menit, sampai semua air menyerap. Berikutnya, masukkan 1 cangkir susu almond tawar, 1/2 sendok teh kayu manis, dan 1 sendok makan kenari cincang. Bagi menjadi empat porsi, siram masing-masing dengan sirup maple atau madu. (CNN/M-2)

 

BERITA TERKAIT