13 August 2019, 16:33 WIB

Mangkrak Hampir Setahun, Kemenhub Desak Bus Hibah Dioperasikan


Gana Buana | Megapolitan

ANTARA/Fakhri Hermansyah
 ANTARA/Fakhri Hermansyah
Suasana bus hibah Kementerian Perhubungan yang terparkir di Halaman Kantor PDAM Tirta Patriot di Bekasi,Jawa Barat,Rabu (7/8).

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) meminta agar bus hibah yang diterima Pemkot Bekasi segera dioperasikan. Sebab, sudah 8 bulan sejak bus diterima sejak Desember 2018 lalu belum juga dioperasikan.

Direktur Angkutan Multi Moda Ditjen Perhubungan Darat, Ahmad Yani, Kemenhub meminta agar Pemerintah Kota Bekasi segera mengoperasikan bus tersebut. Agar bus angkutan tersebut bisa segera bermanfaat.

“Saya datang ke sini untuk memacu teman-teman di Bekasi agar melakukan percepatan supaya bus hibah dari Kemenhub dapat segera bermanfaat bagi masyarakat," kata Yani di Kota Bekasi, Selasa (13/8).

Menurut Yani, bus yang sudah diberikan terlalu lama mangkrak. Padahal, waktu untuk pengoperasian bus tersebut bisa lebih cepat.

“Saya tidak mau ada lagi kabar diberitakan mangkrak, kuping saya sakit. Biasanya memang mintanya duluan tapi ketika sudah diberikan tidak segera dioperasi, ada beberapa daerah seperti itu, karena tidak disiapkan segala persiapan administrasinya,” ujarnya.

Baca juga: Polisi Tangkap Kurir Ganja di Bekasi

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Dadang Ginanjar, mengaku pihaknya masih menyiapkan proses administrasi untuk pengoperasian 21 bus hibah tersebut. Hal itu membuat bus yang sudah diserahterimakan sejak Desember 2018 silam terpaksa tertunda.

“Baru Juni 2019 bus ini diserahkan lagi ke pengelola Trans Patriot untuk diurus segala keperluan administrasinya agar siap beroperasi,” jelas dia.

Dia menegaskan, kondisi bus dari pertama kali diterima hingga saat ini masih layak beroperasi dan siap jalan. Walaupun tempat untuk menyimpan puluhan bus tersebut telah berpindah tempat.

Dadang mengakui, bus memang sempat dititipkan di halaman parkir Stadion Patriot Candarabhaga. Lalu bus-bus tersebut dipindah ke halaman parkir Asrama Haji Bekasi. Hingga terkahir dititipkan di halaman kantor PDAM Titra Patriot di Jalan Raya Perjuangan Bekasi Utara.

“Semua tentu ada aspek keamanan karena kami sangat menjamin bus itu terawat agar pada saat dioperasikan tetap layak, saat ini bus itu sudah ada di pol bus di daerah Vida Bekasi untuk siap doperasikan,” tandas dia. (A-4)

BERITA TERKAIT