13 August 2019, 16:29 WIB

Gembong Tunggu Keputusan Mega soal Posisi Ketua DPRD DKI Jakarta


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
 ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Ketua Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono

DPRD DKI Jakarta dipastikan akan memiliki pimpinan baru. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Fraksi PDIP di DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono.

Ia menuturkan, sebagai pemilik kursi terbanyak di DPRD DKI periode 2019-2024 dengan 25 kursi, PDIP akan mendapat jatah kursi ketua DPRD DKI.

Baca juga: Dari 3,5 Juta Mobil di Jakarta, Baru 5,6% Lulus Uji Emisi

Saat ini, DPRD DKI diketuai oleh Prasetyo Edi Marsudi. Gembong menuturkan, dirinya akan menggantikan Prasetyo di kursi pucuk pimpinan dewan setelah mendapat penugasan tersebut dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. "Iya dari Bu Mega," kata Gembong saat dihubungi, Selasa (13/8).

Meskipun demikian, Gembong tidak ingin jumawa dan tetap menunggu keputusan dari DPP PDIP. "Masih menunggu penugasan dari DPP. Biasanya memang dipilih dari 25 orang yang terpilih itu siapa," terangnya.

Gembong merupakan anggota DPRD petahana. Ia kembali terpilih pada Pemilu legislatif tahun ini untuk menduduki kursi DPRD pada lima tahun ke depan.

Sementara itu, sebanyak 106 anggota DPRD DKI periode 2019-2024 telah resmi ditetapkan oleh KPU DKI Jakarta kemarin (12/8). Pelantikan anggota DPRD terpilih rencananya akan dilakukan pada 26 Agustus mendatang.

PDIP meraih kursi terbanyak, yakni 25 kursi dengan disusul oleh Partai Gerindra sebanyak 19 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memeroleh 16 kursi dan disusul Partai Demokrat dengan 10 kursi.

Lalu, ada PAN yang mendapat 9 kursi dan PSI yang mendapai 8 kursi. Diprediksi sama seperti format DPRD saat ini, partai-partai yang meraih kursi terbanyak akan mendapat jatah ketua dan wakil ketua DPRD. Sehingga dengan demikian, PDIP, Partai Demokrat, Partai Gerindra, PKS, PAN, dan PSI mendapat kursi pimpinan dewan. (OL-6)

BERITA TERKAIT