13 August 2019, 15:29 WIB

BPIP akan Berikan Apresiasi kepada 74 Ikon Prestasi Pancasila


M. Ilham Ramadhan Avisena | Humaniora

Ist
 Ist
(Plt) Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono

BADAN Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) akan memberikan apresiasi kepada 74 ikon prestasi Pancasila dalam rangka menyambut hari jadi Indonesia ke-74.

Apresiasi tersebut diberikan dalam konteks mengingat kembali untuk apa negara didirikan serta memaknai kemerdekaan Indonesia lebih mendalam. Demikian disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Ketua BPIP, Hariyono, dalam konferensi pers di Gedung BPIP, Selasa (13/8).

Baca juga: Riset Kayu Bajakan Penyembuh Kanker Segera Dipatenkan

Hariyono menjelaskan, selama ini yang menjadi kendala dalam pengarusutamaan Pancasila ialah minimnya sosok teladan Pancasila.

"Jadi kita beranggapan apresiasi ini bisa menjadi bagian dari elevasi yang positif dalam berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Dengan adanya 74 ikon yang diberikan apresiasi prestasi Pancasila itu, BPIP berharap masyarakat memiliki semangat baru untuk berprestasi dan membawa harum nama Pancasila.

"Kami berasumsi orang pancasilais tidak hanya dapat menjaga kerukunan, tapi juga berprestasi. Sesuai dengan visi misi kebangsaan kita, kita tidak bisa makmur kalau tidak bisa iptek. Iptek pun akan hancur kalau kita tidak bisa bersatu," papar Hariyono.

Ia menjelaskan, Indonesia sebenarnya memiliki banyak orang berprestasi. Namun, orang-orang itu justru tidak pernah muncul atau ditampilkan ke permukaan.

Lebih jauh, Deputi Pengendalian dan evaluasi BPIP, Rima Agristina, menyatakan kriteria 74 ikon yang mendapatkan apresiasi prestasi itu ialah berdasarkan sumbangsih, tindakan dan pengabdiannya kepada masyarakat.

"Tentu semua itu yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan ruang lingkupnya tidak hanya di nasional saja, tapi internasional," jelas Rima.

Baca juga: LSM Nilai RUU Pertanahan Bisa Picu Laju Deforestasi

Rima menambahkan, rentang usia penerima apresiasi prestasi ialah 11-96 tahun. Ia menjelaskan, usia bukan lah halangan untuk tidak membumikan dan memperkenalkan Pancasila ke mata dunia.

Adapun, penyerahan apresiasi prestasi itu, sambung Rima, akan dilakukan di Solo pada 19-21 Agustus. (OL-6)

BERITA TERKAIT