13 August 2019, 14:05 WIB

Anies Temui Jokowi Bahas Mobil Listrik dan Formula E


Akmal Fauzi | Megapolitan

AFP/David Dee Delgado
 AFP/David Dee Delgado
Ajang balap Formula E yang teah dimulai sejak 2014 siap digelar di Jakarta. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (13/8). Anies datang ke Istana melalui ruas Wisma Negara. Dalam pertemuan itu, Anies mengaku membahas perkembangan integrasti transportasi di Jakarta termasuk mobil listrik.

"Tadi pertemuan dengan Pak presiden melaporkan perkembangan tentang proses integrasi transportasi di Jakarta. Langkah-langkah yang sudah kita lakukan, kami update ke presiden," kata Anies di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (13/8).

Anies mengaku pertemuan itu menyinggung ihwal pengembangan transportasi berbasis listrik di Jakarta. “Kami obrolin mobil listrik dan rencana DKI bahwa semua kendaraan angkutan umum baru di Jakarta, Bus-bus itu, akan berbentuk bertenaga listrik,” jelasnya

Terkait permintaan agar Pemrov DKI memberikan insentif ihwal transportasi listrik yang disampaikan presiden beberapa waktu lalu, Anies mengaku hal itu persoalan teknis yang akan dibahas bersama presiden.

Dia mengatakan, sejak Maret 2019 Pemprov DKI sudah meluncurkan bus listrik yang telah beroperasi dan akan dikembangkan.

“Secara kenyamanan bagi penumpang lebih nyaman (bus listrik) karena ga berisik. Tidak ada suara mesin, tidak ada polusi. hampir semua yang naik bus listrik rasanya seperti naik kendaraan yang tak ada bunyinya,” jelasnya.

Balap Formula E

Dalam kesempatan itu, Anies juga melaporkan soal pelaksanaan ajang balap mobil Formula E. Dia menyebut pelaksanaan balap mobil itu direncanakan bakal dilaksanakan pada 2020.

"Beliau memberikan dukungan dan apresiasi, dan Insyaallah akan kami finalisasikan," ujarnya.

Anies mengatakan dirinya menyampaikan bahwa balapan mobil Formula E itu bisa memberikan dampak perekonomian. Menurutnya, Jokowi menyampaikan dukungan kepada Pemprov DKI yang menjadi tuan rumah nanti.

"Belum bisa diumumkan (rutenya), karena memang harus dibicarakan final dengan tim di Formula E," jelasnya. (OL-09)

BERITA TERKAIT