13 August 2019, 12:09 WIB

Atasi Masalah CAD, Menkeu Siap Keluarkan Kebijakan Fiskal


Nur Aivanni | Ekonomi

MI/Susanto
 MI/Susanto
Menteri Keuangan Sri Mulyani

MENTERI Keuangan Sri Mulyani mengatakan pihaknya siap dengan seluruh instrumen untuk membantu kementerian terkait dan pemerintah daerah mengatasi defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD).

Hal itu disampaikan Sri saat menanggapi CAD Kuartal II 2019 yang melebar yang mencapai 3% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

"Kementerian terkait apakah itu menteri energi karena ini berhubungan dengan migas, kementerian investasi, kementerian perdagangan, kementerian industri, kementerian pertanian, semua yang memiliki portfolio penyumbang trade maupun account deficit itu terjadi," tuturnya saat ditemui di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (13/8).

Ia mengatakan pihaknya siap menggunakan instrumen fiskal untuk membantu kementerian terkait dan pemda untuk bisa meningkatkan kinerja ekspor Indonesia.

Baca juga: Belanja Pemerintah Jangan sekadar Rutinitas

Pihaknya, kata dia, akan terus melihat apa saja formulasi kebijakan-kebijakan yang bisa membantu dalam mengatasi CAD tersebut.

"Jadi feedback dan hubungan kami dengan seluruh kementerian/lembaga maupun pemda dan pengusaha, kita harapkan kita juga bisa terus meng-adjust policy kita sesuai dengan kebutuhan," ucapnya.

Sebagai informasi, Bank Indonesia (BI) mencatat defisit transaksi berjalan atau current account deficit (CAD) pada Kuartal II 2019 naik menjadi US$8,4 miliar atau 3% dari PDB. (OL-2)

BERITA TERKAIT