13 August 2019, 10:48 WIB

Mantan Kadis ESDM Babel Tersangka Korupsi Proyek PJU


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

Antara
 Antara
Ilustrasi 

MANTAN Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Gubernur Babel bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Suranto Wibowo akhirnya ditetapkan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Babel sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek Penerangan Jalan Umum (PJU) tahun 2018.

Asisten tindak pindana khusus (Aspidsus) Kejati Babel, Edi Ermawan mengatakan dalam kasus korupsi proyek PJU dengan anggaran Rp2,9 miliar ini, ada tiga orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka adalah, Mantan Kadis ESDM Suranto Wibowo sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Hidayat Direktur PT Niko dan Chandra pelaksana Proyek PJU di 100 titik di Belitung dan Belitung Timur.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan saksi-saksi dan keterangan yang dilengkapi dengan dokumen, maka sudah ada penetapan tersangka. Pada hari ini juga, sudah dikeluarkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) yang sudah ada nama tersangkanya," kata Edi, Selasa (13/8).

Menurut Aspidsus, selanjutnya ketiga tersangka akan menjalani sejumlah pemeriksaan intensif pasca penetapan itu. Sementara, Pj Sekda Provinsi Babel, Yulizar Adnan membenarkan saat ini Suranto Wibowo masih menjabat sebagai Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan.

baca juga: 17,5 Ha Tanaman Padi di Tiga Kabupaten di Bali Gagal Panen

"Masih menjabat, nanti kita tunggu seperti apa keputusan gubernur, karena semua yang ambil keputusan adalah gubernur," kata Yulizar.

Biasanya menurut Yulizar apabila ada pejabat yang diduga kasus korupsi, maka jabatanya akan dilepas untuk sementara agar bisa fokus dengan permasalahan yang dihadapi. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT