13 August 2019, 08:57 WIB

Kebakaran Melanda Gunung Batukaru


Arnoldus Dhae | Nusantara

Antara
 Antara
Ilustrasi 

GUNUNG Batukaru yang berlokasi di Kabupaten Tabanan Bali terbakar. Kebakaran di gunung dengan ketinggian 2.200 meter dari permukaan laut terjadi sehari semalam, akhirnya bisa diatasi oleh ratusan petugas dari BPBD Kabupaten Tabanan dan Provinsi Bali.

Kepala BPBD Bali, Made Rentin menjelaskan api terpantau sejak Senin (12/8) dan terus meluas hingga malam harinya.

"Petugas mulai bersiaga sejak sore dan dibagi dalam beberapa kelompok untuk naik menuju titik api. Bahkan ada kelompok yang khusus terjun ke Pura Sad Kayangan yakni Pura Luhur Batukaru yang merupakan istana Dewa Mahadewa, berlokasi di Desa Wongaya Gede, Penebel Tabanan. Api baru dipadamkan pada pukul 01.00 dinihari, " kata Made Rentin, Selasa (13/8).

baca juga: Wisata Berbasis Masyarakat Andalan Flores Timur

Rentin menduga munculnya api sudah terjadi sejak siang. Namun masih berupa titik api kecil yang tidak kelihatan. Namun pada Senin (12/8) sekitar pukul 21.30 Wita, kobaran api terlihat besar dan luasan lahan yang terbakar semakin besar. Tanaman hutan paku mas yang lapuk diduga menjadi pemicu kebakaran karena riskan terbakar. BPBD dibantu masyarakat hingga hari ini mencoba memutus sebaran api agar tidak meluas. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT