13 August 2019, 06:42 WIB

Bandara Hong Kong Kembali Beroperasi Normal


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFP/Manan VATSYAYANA
 AFP/Manan VATSYAYANA
Sejumlah calon penumpang melakukan check-in setelah Bandara Hong Kong kembali dibuka, Selasa (13/8) pagi.

BANDARA Hong Kong, Selasa (13/8) pagi, kembali beroperasi normal dengan penerbangan mulai bertolak dan datang sehari setelah bandara itu ditutup akibat demonstrasi di kota tersebut.

"Kami telah membuka kembali proses check-in," ujar seorang juru bicara otoritas bandara sembari mengonfirmasi penerbangan akan kembali berlangsung dalam tempo satu jam di bandara tersibuk di dunia itu.

Status yang ada di papan pengumuman terminal keberangkatan memperlihatkan sejumlah penerbangan disebut 'boarding soon' dengan jadwal baru muncul untuk sejumlah penerbangan lainnya.

Sejumlah calon penumpang telah melakukan check-in saat tinggal segelintir demonstran masih terlihat di terminal keberangkatan.

Baca juga: Polisi Hong Kong Kerahkan Meriam Air

Sebelumnya, Senin (12/8), pemerintah mengumumkan pembatalan seluruh penerbangan dari dan ke Hong Kong setelah lebih dari 5 ribu demontran berpakaian hitam menggelar aksi damai di bandara.

Pada Senin (12/8) malam, para demonstran secara perlahan meninggalkan bandara.

Pada Selasa (13/8) pagi, mayoritas poster dan spanduk milik demonstran telah dibersihkan. Namun, grafiti yang ada belum dibersihkan.

Demonstran mengatakan mereka berencana kembali ke bandara pada Selasa (13/8) siang untuk melanjutkan aksi mereka. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT