12 August 2019, 21:45 WIB

Badai Rusak Sembilan Rumah di Aceh Singkil


Antara | Nusantara

ANTARA FOTO/Rahmad
 ANTARA FOTO/Rahmad
Gelombang tinggi di Aceh mencapai empat meter.

SEBANYAK sembilan unit rumah yang tersebar di sejumlah lokasi dan kepulauan di Kabupaten Aceh Singkil, rusak parah dan ringan setelah kawasan ini diterjang badai pada Senin (12/8) menjelang tengah malam.
   
Berdasarkan data yang diperoleh Antara dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Senin malam menyebutkan, rumah yang terdampak di Kabupaten Aceh Singkil, masing-masing berada di sejumlah lokasi, seperti di Desa Gosong Telaga Timur menyebabkan sembilan unit rumah penduduk, dan mes Pos TNI Angkatan Laut rusak, serta mengakibatkan tumbangnya pohon di atas badan jalan di kawasan itu.  

Kemudian badai juga merusak lima unit rumah di Desa Gosong Telaga Barat terdiri atas dua unit rumah rusak berat dan tiga unit rumah
lainnya rusak ringan.

"Penyebab kerusakan ini akibat terjangan badai pada tengah malam, sehingga menyebabkan sejumlah rumah warga di kawasan kepulauan di Aceh Singkil terdampak rusak parah dan rusak ringan," kata Kepala BPBA, Teuku Ahmad Dadek, kepada wartawan.   


Baca juga: Polres Manggarai Barat Tunggu Keterangan Saksi Ahli Pidana


Sedangkan jumlah korban terdampak di antaranya sebanyak lima jiwa di Desa Teluk Nibung, 10 jiwa (tiga kepala keluarga) di Pulau Baguk, dan 28 jiwa (lima kepala keluarga) di Desa Gosong Telaga Barat, Kabupaten Aceh Singkil.

Guna membantu para korban, BPBD Aceh Singkil juga sudah memberikan bantuan masa panik kepada sejumlah korban yang diserahkan oleh Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid.

BPBA juga mengimbau kepada masyarakat di Aceh agar mewaspadai cuaca ekstrem dan menghindari kegiatan di luar rumah apabila cuaca sedang tidak bersahabat guna menghindari hal yang tidak diinginkan. (OL-1)

BERITA TERKAIT