12 August 2019, 17:31 WIB

Masakan Indonesia Pukau Ratusan Mahasiswa India


Retno Hemawati | Weekend

MI/Adam Dwi
 MI/Adam Dwi
Ilustrasi tongseng.

EMPAT chef Indonesia berhasil menarik perhatian ratusan mahasiswa International Institute of Hotel and Management (IIHE) New Delhi melalui kuliah umum dan demo masak masakan Indonesia yang diselenggarakan pada awal pekan lalu di Auditorium IIHE.
 
Kevindra Soemantri yang merupakan chef selebriti dan penulis buku, serta Gupta Sitorus, seorang restaurater dan ice cream artisan memberikan gambaran umum tentang lanskap dan sejarah masakan Indonesia, termasuk didalamnya pengaruh India dalam masakan Indonesia terutama masakan-masakan wilayah Sumatera.
 
“Banyak sekali kemiripan antara masakan India dan Indonesia, baik dari penggunaan bahan baku, teknik memasak sampai peralatan masak”, ungkap Kevindra. Penggunaan tembikar untuk memuat masakan yang diproses lama seperti opor dan tongseng salah satu bentuk pengaruh India dalam masakan Indonesia ungkap Kevindra.
 
Lebih lanjut Gupta menambahkan bahwa kemiripan juga terlihat jelas dalam penggunaan bumbu masak dan rempah-rempah seperti jahe, ketumbar, dan jinten yang terlihat jelas dalam masakan-masakan Minang.
 

BERITA TERKAIT