13 August 2019, 06:15 WIB

Jaga Sendi Sehat, Ikuti Lima Kiat Ini


Tosiani | Weekend

123rf
 123rf
Masalah sendir? ikuti kiatnya yuks.

Suka merasakan nyeri di persendian? Ada banyak cara yang bisa dilakukan guna merawat persendian anda. Selain peregangan, ada beberapa kiat yang bisa diikuti, sebagaimana dirangkum The Guardian untuk menjaga tubuh.

Jaga berat badan sehat
Ahli Fisioterapi Carteran Laura Jamieson, menjelaskan, semakin berat tubuh anda, semakin besar dampak pada sendi, dan semakin kuat otot mengendalikan gerakan. Jika prosentase masa otot lebih tinggi dari prosentase lemak tubuh, maka penting untuk menjaga kekuatan otot, sehingga anda bergerak dengan baik.

"Setiap 0,5 kg (1lb) yang hilang, kami mengurangi berat badan melalui sendi lutut pada setiap langkah sebanyak 2kg (4,5lb). Kelebihan lemak tubuh di sekitar perut juga meradang, membuat gejala osteoartritis lebih buruk," terang Ahli diet terdaftar Sue Baic, yang merupakan juru bicara British Dietetic Association.

Olahraga
Konsultan Ahli Bedah Pinggul Ortopedi Rumah Sakit Wellington, Bagian HCA Healthcare UK, Giles Stafford, mengatakan selama ini ada salah pandangan tentang olahraga yang memperburuk nyeri sendi. Padahal memperkuat otot di sekitar persendian sangat penting.

Pinggul, misalnya, dapat diperbaiki dan dicegah dengan mempertahankan rentang fungsional dan kekuatan otot yang baik. Ia merekomendasikan latihan berat badan seperti squat dan lunges, juga latihan beban ringan.

Variasikan rutinitas anda
Jamison merekomendasikan campuran kardio ringan dan kardio tanpa beban untuk melatih kepadatan tulang dan kekuatan otot. Yoga juga dapat membantu menjaga mobilitas yang baik, tapi harus digabung dengan bentuk latihan lainnya. Giles Stafford mengingatkan peregangan yang berlebihan dapat membuat sambungan melewati rentang fisiologis alami. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada sendi dan struktur sekitarnya.

Makan makanan Mediterania
Mengonsumsi lebih banyak lemak tak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun atau lobak dengan banyak buah, sayuran, gandum, kacang-kacangan, biji-bijian. Lemak Omega tiga merupakan anti inflamasi. Baik menyarankan satu hingga dua porsi ikan setiap minggu, atau dalam dosis yang disarankan jika dikonsumsi dalam bentuk minyak. Perhatikan kadar vitamin D anda. Ini sangat penting untuk perkembangan tulang.

Lakukan postur yang baik
Mempertahankann postur yang baik adalah kunci untuk mencegah masalah bersama. Penting untuk berhati-hati dengan punggung karena belum ada operasi yang menggantikan cakram atau tulang belakang.  Penting juga memakai alas kaki yang benar dan mendukung beraktivitas. (M-3)

Baca juga : Mau Coba Atomik? Vodka dari Chernobyl

 

BERITA TERKAIT