12 August 2019, 16:02 WIB

Dishub DKI Jakarta: Ada Ganjil Genap Tol Lebih Lancar


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

Antara/Indrianto Eko Suwarso
 Antara/Indrianto Eko Suwarso
Kemacetan terjadi di jalan tol yang berada di DKI Jakarta. 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengaku optimistis adanya pembatasan lalu lintas kendaraan pribadi dengan plat ganjil genap akan membuat lalu lintas di ruas tol menjadi lebih lengang.

Hal itu terjadi seiring dengan dicabutnya pengecualian penerapan ganjil genap pada area pintu masuk dan keluar tol (off ramp) yang bersinggungan dengan ruas-ruas jalan yang terkena ganjil genap.

"Justru harapannya jadi lebih lancar karena nanti jumlah mobil diharapkan berkurang. Sehingga kecepatan di dalam tol meningkat. Itu otomatis meningkatkan level servis dari pengelola tol itu sendiri," kata Syafrin saat dihubungi, Senin (12/8).

Sebelumnya, area pintu masuk dan keluar tol yang bersinggungan langsung dengan ruas jalan yang terkena ganjil genap dikecualikan dari pembatasan itu. Hal itu membuat kendaraan yang hendak masuk dan keluar Jakarta melalui tol pun bebas dari pembatasan dan justru membuat kemacetan di area-area tersebut.

"Saat dikecualikan justru kendaraan masuk sedemikian masifnya dari luar Jakarta dan ketika keluar mereka bermaksud belok kiri atau kanan menuju jalan alternatif. Di situ justru menambah kemacetan. Dari kajian BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek) itu akan menurun kalau tidak ada pengecualian," tegasnya.

Dishub DKI sudah berkomunikasi dengan pengelola jalan tol terkait kebijakan ini. Pengelola jalan tol pun akan ikut ambil bagian dalam sosialisasi ganjil genap kepada pengguna.(OL-09)

BERITA TERKAIT