12 August 2019, 13:10 WIB

Setop Beri Makanan Vegan Ke Kucing dan Anjing


Tosiani | Weekend

123rf
 123rf
Memberikan makanan vegan mengancam kesehatan hewan peliharaan anda.

Tanpa disadari memreka yang vegan kerap memberikan makanan vegan pula untuk hewan peliharaan mereka. Termasuk kepada hewan peliharaan karnivora seperti kucing dan anjing.

Namun memberikan makanan vegan atau bebas daging untuk anjing dan kucing membahayakan kondisi tubuh dan kesehatan mereka. Pasalnya mereka membutuhkan nutrisi berupa daging dalam makanannya.

"Akan ada dampak negatif kesehatan. Jika anda menolak perawatan yang tepat untuk kucing, anda secara efektif melanggar nilai-nilai teoretis anda sendiri dengan pilihan makanan," ujar Dr Chris Greenwell, seorang dokter hewan di RSCPA NSW Sydney Veterinary Hospital, seperri dikutip dari Daily Mail.

Ia menjelaskan, kucing dan anjing memiliki lambung kecil yang dapat dengan cepat dan efektif mencerna daging. Mereka akan sulitan untuk mencerna makanan nabati.

Kucing mendapat asam amino yang disebut taurin, dari memakan daging, mendapat arginin, asam arakidonat, serta vitamin A dan B. Menghapus komponen ini dari kucing dapat menyebabkan masalah seperti gagal jantung, cacat lahir, dan kerusakan hati.

Dibandingkan kucing, tubuh anjing lebih siap menerima makanan nabati. Namun mereka masih membutuhkan makanan kaya protein. Jika menjauhkan makanan alami mereka, dapat menyebabkan penyakit jantung, kekurangan vitamin D dan B. Hewan peliharaan butuh diet seimbang untuk mendapatkan nutrisi yang cukup. (M-3)

Baca juga : Setelah 10 Tahun, Lipstik Siti Nurhaliza Akhirnya Masuk Indonesia

BERITA TERKAIT