12 August 2019, 08:25 WIB

Pemprov Kemas Daging Dalam Kaleng


Rifaldi Putra Irianto | Megapolitan

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
 ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta akan mengelola sebagian daging kurban menjadi makanan kaleng berupa kornet maupun rendang. Daging tersebut berasal dari kurban aparatur sipil negara (ASN) Pemprov DKI, pegawai BUMD DKI, dan masyarakat yang disalurkan lewat Korpri dan Baznas DKI.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan nantinya makanan kaleng tersebut dapat di bagikan untuk para korban kebakaran.

“Sekaligus diberikan kepada mereka-mereka yang masih tinggal di rumah pengungsian karena merupakan korban kebakaran, “ kata Anies, di Balai Kota DKI, kemarin.

Selain itu, Kepala Biro Tata Pemerintahan DKI Jakarta Premi Lasari, mengatakan Pemprov DKI Jakarta bersama Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT), beberapa pihak hotel berbintang di Jakarta, serta Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia menyelenggarakan Dapur Kurban 2019.

Mereka mengolah daging hasil kurban menjadi makanan siap saji dan juga makanan kalengan untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kami juga akan menerima kalengan dalam bentuk kornet dan rendang. Itu mempunyai jangka waktu enam bulan yang akan disimpan Baznas dan Korpri, sehingga pada saat ada bencana, ada warga kebakaran, itu bisa disalurkan,” ucap Premi.

Polda Metro Jaya kemarin juga menggelar kegiatan pemotongan hewan kurban. Sebanyak 16 ekor sapi dan 15 ekor kambing dipotong dan disalurkan ke masyarakat.

“Sejak pagi tadi sekitar pukul 07.00 WIB di Masjid Al-Kautsar, Polda Metro Jaya, berlangsung kegiatan salat Idul Adha. Seusai salat, kegiatan berlangsung dengan pemotongan hewan kurban,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono, kemarin.

Menurut Argo, Polda Metro Jaya mendapatkan total 67 sapi dan 15 kambing. Namun, tidak semua disembelih di kompleks Polda Metro Jaya.

“Hewan kurban sisanya didistribusikan ke masjid, musala, dan beberapa yayasan anak yatim,” cetus Argo.

Kegiatan itu juga diawali dengan penyerahan hewan kurban secara resmi oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono. “Saat salat Idul Adha diisi ceramah Ahmad Mardani dengan tema Nilai ibadah kurban kita tanamkan semangat dan ketulusan dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,” tutup Argo. (Rif/P-2)

BERITA TERKAIT