11 August 2019, 22:15 WIB

Iduladha Momentum Siswa dan Sekolah Berbagi pada Sesama


Syarief Oebaidillah | Megapolitan

Ist
 Ist
Pembagian daging kurban di Sekolah Kharisma Bangsa, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (11/8).

BAGI sekolah Kharisma Bangsa dan mitra sekolah internasional ini, peringatan hari keagamaan seperti Hari Raya Iduladha 1440 H menjadi momentum kebersamaan dan kepedulian kepada sesama untuk berbagi.

"Sekolah Kharisma dan mitra sekolah internasional mempunyai tiga kegiatan penting, melaksanakan kegiatan keagamaan sekaligus memupuk kepedulian pada sesama untuk dapat berbagi seperti pada peringatan Hari Raya Iduladha saat ini," ungkap Memet Cetin, Ketua Pelaksana Idulkurban Kharisma Bangsa, di sela sela pembagian daging kurban di Sekolah Kharisma Bangsa, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (11/8).

Didampingi Humas Edupersal Azka Darmawan, Cetin yang turut membagikan daging kurban bersama siswa Kharisma Bangsa mengutarakan dua kegiatan keagamaan lainnya adalah Ramadhan dan Idul Fitri serta peringatan Maulid Nabi. Ketiga kegiatan ini menjadi momentum penting melatih siswa untuk peduli berbagi kepada masyarakat sekitar, kalangan tidak mampu, serta yatim dan duafa.

Pada Iduladha kali ini yang mengambil tema 'Indahnya Berbagi dan Berbagi Kebahagiaan', Sekolah Kharisma Bangsa bersama mitranya menyalurkan 177 ekor sapi untuk warga sekitar yang disebar dari 10 sekolah mitra Kharisma Bangsa di Banten, Medan, Aceh, Bandung, Semarang, dan Kalimantan.

Menurut Cetin, yang juga Wali Kelas XII Kharisma Bangsa dalam pengumpulan biaya hewan kurban 177 ekor sapi dengan melibatkan siswa melalui kegiatan market day dan peran aktif guru memotivasi siswa dan orangtua guna turut berbagi.


Baca juga: Gudang Plastik di Ciracas Terbakar, Butuh 9 Jam Padamkan Api


Menurutnya, pihaknya juga melibatkan siswa non-muslim berpartisipasi memberikan sumbangan.

"Semangat berkurban menjadi inspirasi bagi kami. Berkurban merupakan simbol kepedulian antarsesama untuk saling berbagi. Semoga dengan berkurban akan senantiasa meningkatkan semangat kerukunan, mempererat tali persaudaraan, dan toleransi di antara sesama masyarakat," papad Cetin seraya menambahkan kegiatan keagamaan ini menjadi bentuk pemupukan penguatan pendidikan karakter yang tengah digalakkan pemerintah melalu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Azka menambahkan, kegiatan penyaluran hewan kurban menjadi wujud kepedulian kharisma dan mitranya untuk peduli berbagi kepada masyarakat.

"Kami berharap keberadaan sekolah dan mitra sekolah Kharisma Bangsa dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sehingga, pada hari raya Idul Adha ini benar-benar menjadi momentum untuk berbagi kebahagiaan dengan orang-orang di sekitarnya yang memberi manfaat dan berkah berlimpah untuk kita semua," pungkas Azka.

Dari 177 ekor sapi, Kharisma Bangsa dan mitra sekolah internasionalnya membagikan sekitar 10 ribu -12 ribu bungkus lebih daging kurban kepada masyarakat sekitar. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT