11 August 2019, 16:45 WIB

Gereja Katolik Sumbang Ratusan Hewan Kurban untuk Solidaritas


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

Antara/Aprilio Akbar
 Antara/Aprilio Akbar
Gereja Katedral menyiapkan lahan parkir untuk jamaah salat idul Adha di Masjid Istiqlal

UMAT Katolik turut bersolidaritas dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah/2019.

Puluhan gereja Katolik di bawah Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) menyumbangkan hewan kurban bagi umat Islam sebagai bentuk solidaritas persaudaraan dan kerukunan antar umat beragama.

Ketua Komisi Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan KAJ Romo Antonius Suyadi menyampaikan sesikitnya 241 hewan kurban kambing dan sapi telah disumbangkan kepada masjid/mushalla di berbagai tempat di Jakarta. Kegiatan itu dilakukan rutin sejak beberapa tahun lalu.

"Semangat berkurban kami maknai sebagai solidaritas untuk berbagi antar sesama khususnya bagi yang membutuhkan. Perayaan ini momentum untuk membangun solidaritas dan kami sangat menghormati umat Islam yang merayakan Idul Adha," kata Antonius di Jakarta, Minggu (11/8).

Baca juga : Pencari Suaka Berharap Dapat Daging Kurban

Selain menyumbangkan hewan kurban, imbuhnya, sebagian umat menyumbangkan uang tunai ke masjid/mushalla untuk pembelian kurban.

Antonius mengatakan dukungan penuh untuk menciptakan kehidupan toleransi dan hidup berdampingan antar umat beragama dibutuhkan untuk menjaga kerukunan.

Rasa saling menghormati antar pemeluk agama seyogiayanya memang menjadi landasan dalam kehidupan berbangsa.

Selain menyumbangkan hewan kurban, beberapa gereja juga memundurkan jadwal ibadah minggu pagi. Gereja Katedral Jakarta misalnya menggeser ibadah misa pagi.

Misa minggu pagi biasanya diadakan pada pukul 06.00 WIB, 08.00 WIB, dan 10.30 WIB. Namun, khusus pada Idul Adha kali ini, misa pukul 06.00 WIB ditiadakan. Hal itu untuk memberi keleluasaan jamaah Masjid Istiqlal yang menunaikan ibadah salat id. (OL-7)

BERITA TERKAIT