11 August 2019, 12:30 WIB

Laznas BMM Salurkan Hewan Kurban ke Korban Bencana di Banten


mediaindonesia.com | Humaniora

Dok. Laznas BMM
 Dok. Laznas BMM
Pembagian daging kurban di  Kampung Dayeuh Mangsuh, Desa Kertajaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.

SETIAP 10 Dzulhijjah, seluruh umat Islam merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu pula, disunnahkan untuk berkurban dengan menyembelih hewan kurban untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Laznas Baitulmaal Muamalat (BMM) telah hadir dalam berbagi keberkahan kurban sejak 2000, dan pada 2019 BMM hadir kembali dengan program Qurban Prioritas.

"Kami memprioritaskan pendistribusian hasil penyembelihan hewan qurban ke daerah terluar, termiskin, daerah dengan muslim minoritas, daerah konflik dan bencana serta daerah-daerah tertinggal di Indonesia yang belum pernah atau jarang mengkonsumsi daging," kata Teten Kustiawan, Direktur Eksekutif BMM dalam keterangan tertulisnya.

Tahun ini, BMM mendistribusikan hewan kurban sebanyak 17 domba dan kambing ke salah satu wilayah yang masuk daerah prioritas, daerah terdampak bencana tsunami (12/2018) dan gempa bumi (7/2019) yaitu Kampung Dayeuh Mangsuh, Desa Kertajaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Baca juga : Masjid Media Group Siapkan 4.000 Bongsang untuk Daging Kurban

Lebih dari 900 jiwa masyarakat menjadi penerima manfaat Qurban Prioritas di Kampung Dayeuh Mangsuh.

Teten mengatakan, masyarakat di Kampung Dayeuh Mangsuh mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan di Pantai Sumur. Namun, akibat adanya bencana alam tsunami tahun lalu yang masih menyisahkan trauma mendalam bagi masyarakat disana untuk kembali melaut.

Akibatnya, saat ini mereka memiliki penghasilan yang lebih minim.

Teten berharap dengan adanya program pendistribusian Qurban Prioritas 1440 H, masyarakat Dayeuh Mangseuh bisa merasakan semaraknya hari raya Idul Adha tahun ini dan bangkit setelah diterpa bencana tsunami dan gempa bumi, menumbuhkan rasa saling gotong royong antar masyarakat, dan memberikan motovasi untuk dapat berqurban ditahun berikutnya.

“Semoga nikmat daging kurban dan bukti persaudaraan yang dirasakan warga Dayeuh Mangsuh menjadi nikmat ibadah qurban lebih besar dirasakan oleh para pequrban dan penambah keberkahan rejeki. Aamiin” tutup Teten. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT