09 August 2019, 22:39 WIB

Pertamina Terjunkan 1.500 Personel Tangani Tumpahan Minyak


Rudy Polycarpus | Ekonomi

PERTAMINA Hulu Energi Offshore North Java (PHE-ONWJ) terus memperkuat personel dan peralatan guna membersihkan tumpahan minyak di perairan Karawang, Jawa Barat.

Jumlah personel yang membersihkan pantai ini mencapai lebih dari 1500 beserta peralatannya. Tim itu melibatkan berbagai pihak, mulai dari Pertamina, tenaga ahli, hingga prajurit TNI. Tak ketinggalan, sekitar 700 warga dari daerah pesisir yang terdampak juga dilibatkan untuk mengontrol sebaran tumpahan minyak.

Vice President Relations Pertamina Hulu Energi Ifki Sukarya mengatakan, warga terlibat dalam pembersihan minyak ini atas keinginan sendiri. Mereka merupakan warga setempat yang sehari-hari hidup dan tinggal di kawasan itu. Saat bekerja, warga dilengkapi perlengkapan dengan standar keamanan dan keselamatan pembersihan tumpahan minyak.

”Nelayan yang umumnya sedang tidak melaut sangat antusias membantu penanganan di pantai. Kami menyambut niat baik mereka dan menyiapkan perlengkapan yang sesuai standar. Mereka juga dicek kesehatannya oleh tim medis yang kami siapkan,” tutur Ifki dalam keterangan tertulis, Jumat (9/8).

Ia melanjutkan, guna memaksimalkan upaya penghentian penyebaran tumpahan minyak, PHE ONWJ telah memasang ratusan meter fishnet di pantai terdampak dan 2.700 meter oil bom yang tersebar di muara sungai.

"Peralatan ini dapat mengisolir sebaran tumpahan minyak di atas permukaan dan menghambat pergerakannya masuk ke dalam aliran sungai. Sehingga pencemaran perairan dan sungai dapat dikendalikan dan kehidupan biota laut dan sungai dapat diselamatkan. Tumpahan minyak yang terkumpul dimasukkan ke dalam karung plastik dan diangkut ke lokasi pengolahan limbah B3 yang bersertifikat," jelasnya. (RO/OL-8)

 

 

BERITA TERKAIT