09 August 2019, 18:55 WIB

Anies Jamin Korban Tumpahan Minyak Pertamina dapat Ganti Rugi


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan nelayan Kepulauan Seribu harus mendapatan ganti rugi jika mata pencariannya terganggu akibat tumpahan minyak dari bocornya sumur Pertamina Hulu Energi di Karawang, Jawa Barat.

Menurut Anies, saat ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu tengah menangani hal tersebut dengan menggelar pertemuan dengan para nelayan.

"Pak Bupati sedang bertemu dengan mereka membicarakan konsekuensi ekonomis yang dialami oleh nelayan karena ikan-ikan mati di keramba, kawasan tempat melaut terganggu. Nanti finalnya saya kabari," ujarnya di Balai Kota, Jumat (9/8).

Baca juga: Polisi Bekuk Pembobol e-Banking Hingga Rp1 Miliar

Di sisi lain, Anies menilai penanganan Pertamina Hulu Energi mengatasi tumpahan minyak yang menyebar di kawasan perairan Kepulauan Seribu berjalan cukup baik.

Pertamina telah bergerak cepat melakukan pembersihan di kawasan tersebut sejak terjadi kebocoran minyak pada 18 Juli.

"Saya tau persis tim dari mereka bekerja cukup cepat," tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Seksi Penanganan Pengaduan dan Sengketa Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Rusliyanto mengatakan pihaknya menemukan ceceran limbah minyak sejak 18 Juli bertepatan dengan terjadinya kebocoran di salah satu blok Minyak dan Gas Offshore North West Java (ONWJ) PT Pertamina yang terletak sekitar 2 (dua) kilometer dari Pantai Utara Jawa, Kerawang, Jawa Barat.

Tidak hanya perairan Teluk Jakarta, limbah itu juga mencemari perairan Karawang dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (OL-8)

BERITA TERKAIT