05 August 2019, 19:10 WIB

Demokrat-PAN Pertanyakan Kepastian Rapimgab Pemilihan Wagub DKI


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

ist
 ist
Gedung DPRD DKI Jakarta

ANGGOTA Fraksi Partai Demokrat-PAN, Achmad Nawawi, mendorong agar pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta segera dilangsungkan. Sebab, bulan ini bertepatan dengan satu tahun mantan Wagub DKI, Sandiaga Uno, mengundurkan diri dari posisinya karena mengejar kursi calon wakil presiden untuk Pemilu 2019. Bulan ini juga, kata dia, anggota DPRD periode 2014-2019 akan segera berakhir.

"Kalau saya pikir bisa ya wagub dipilih oleh anggota yang sekarang. Karena prosesnya kan tinggal Rapimgab (rapat pimpinan gabungan) untuk mengesahkan tata tertib pemilihan. Tapi saya pun sampai sekarang tidak tahu kenapa undangan Rapimgab tidak pernah ada," ungkapnya saat dihubungi Media Indonesia, Senin (5/8).

Baca juga: Terkait Wagub DKI, PKS Pertanyakan Pimpinan DPRD DKI

Nawawi menyebut, kekosongan kursi wagub sudah terlalu lama. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pun dinilai sangat membutuhkan pendamping di tengah menumpuknya masalah yang terjadi di Jakarta.

"Oh ya tentu saja Pak Anies ini butuh sekali wagub. Masalah di Jakarta sedang banyak-banyaknya tapi dia malah sendiri kan kasihan," tegasnya.

Ia pun pernah menyampaikan kepada Ketua Fraksi PKS, Abdurrahman Suhaimi, agar lebih getol melobi-lobi anggota DPRD serta pimpinan agar pemilihan wagub segera dapat digelar.

"Saya pernah menyampaikan ke Pak Suhaimi kalau perlu datangi anggota satu-persatu suapaya mereka datang dan kuorum sehingga pemilihan wagub bisa dilakukan," pungkasnya.

Saat ini, proses pemilihan wagu DKI hanya menyisakan tahap mengesahkan tata tertib pemilihan wagub. Pengesahan harus dilakukan melalui Rapimgab yang dihadiri tidak hanya anggota melainkan juga para ketua dan wakil ketua DPRD serta ketua-ketua fraksi maupun komisi.

Setelahnya rapat paripurna pembentukan panitia pemilihan serta pemilihan wagub pun dapat digelar. Untuk diketahui, terdapat dua cawagub dari PKS yakni Achmad Syaikhu dan Agung Yulianto. (OL-6)

BERITA TERKAIT