01 August 2019, 09:55 WIB

GIIAS 2019 Naikkan Pemesanan Mobil


Fetry Wuryasti | Otomotif

ANTARA/MUHAMMAD IQBAL
 ANTARA/MUHAMMAD IQBAL
Ribuan pengunjung memadati ruang pamer GIIAS ke-27 tahun 2019 di ICE BSD, Tangerang, Minggu (28/7).

GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung pada 18-28 Juli 2019 di ICE BSD, Tangerang, dapat dibilang sukses. Ini tampak dari sejumlah agen pemegang merek (APM) yang berhasil meraih surat pemesanan kendaraan (SPK) lebih tinggi daripada ajang serupa pada tahun lalu.

GIIAS 2019 resmi ditutup pada Sabtu (27/7). Akan tetapi, penjualan berlanjut hingga hari terakhir acara pada Minggu (28/7).

Tengok saja, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan dari Mitsubishi Motors Corporation, membukukan SPK sebanyak 4.909 unit selama 11 hari event berlangsung. Angka itu melampaui target penjualan yang ditetapkan di awal pameran, yakni 4.000 unit, sekaligus menembus raihan GIIAS 2018 dengan SPK mencapai 4.509 unit.

Secara rinci, pembukuan kendaraan MMKSI didominasi model flagship small MPV, yaitu Xpander sebesar 54% dan dibukukan sebanyak 2.638 unit. Kontribusi terbesar disumbangkan varian Xpander Ultimate sebesar 53% dari pencapaian.

Pajero Sport berkontribusi sebesar 37% terhadap keseluruhan pemesanan kendaraan. Ini termasuk Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition yang baru saja diluncurkan.

Sekitar 8% pemesanan lain diperoleh dari model Triton, Eclipse Cross, Outlander PHEV, dan Outlander Sport. President Director MMKSI, Naoya Nakamura, melalui keterangan resmi menyampaikan apresiasi tertinggi kepada konsumen Indonesia.

Capaian yang jauh melebihi target awal pada ajang GIIAS 2019 menjadi motivasi perusahaan untuk terus memberikan layanan terbaik dan menghadirkan produk berkualitas. "Produk kami tidak hanya menunjang mobilitas, tetapi juga mendukung ambisi dengan teknologi terdepan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia," ujar Nakamura.

Unjuk teknologi

Pencapaian besar juga diraih pendatang baru di Indonesia, Wuling Motors (Wuling), pabrikan dari Tiongkok. Mereka berhasil menorehkan 1.608 SPK selama pameran itu berlangsung.

Seri Almaz mendominasi total pemesanan, yakni 827 unit. Tipe yang paling diminati ialah Almaz Exclusive 7-seater. Angka ini disusul Confero yang mencatatkan SPK sebanyak 425 unit, diikuti Cortez 339 unit dengan CT sebagai varian paling dicari, dan Formo 17 unit.

"Kami berterima kasih atas antusiasme pengunjung selama berlangsungnya GIIAS 2019 dan sambutan hangat terhadap varian terbaru Almaz dengan teknologi Wind dan konfigurasi 7-seater," jelas Senior Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani.

Tidak kalah, Toyota mencatatkan penjualan melalui SPK sebanyak 6.128 unit. Pencapaian ini sedikit lebih tinggi sekitar 2% jika dibandingkan dengan 2018 sebanyak 6.022 pesanan.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, mengatakan dari total penjualan tersebut, mobil model Avanza mendominasi dengan SPK 1.310 unit, disusul Innova 1.091 unit, Rush 1.046 unit, Calya 1.022 unit, dan Fortuner 618 unit.

Avanza dan Kijang Innova masih mendominasi pencapaian perolehan pesanan. Hal ini membuktikan bahwa pasar otomotif Indonesia masih didominasi kendaraan penumpang MPV 7-seater.

Berbeda, Daihatsu cenderung mengalami penurunan pemesanan, yaitu hanya menerbitkan 701 SPK alias turun tipis jika dibandingkan dengan GIIAS 2018 sebanyak 716 unit. Total SPK Daihatsu selama GIIAS 2019 didominasi Daihatsu Sigra sebanyak 36%, Terios 17%, Ayla 16%, dan Xenia 11%.

Selain empat model itu, penyumbang pemesanan kendaraan Daihatsu juga didukung Gran Max Pick-up dan Minibus dengan komposisi masing-masing sebesar 6%. Daihatsu menganggap penjualan bukanlah target utama dari keikutsertaannya di GIIAS.

Pada GIIAS 2019, pihaknya hanya ingin menunjukkan teknologi. "Jualan itu tambahan, kalau ada yang mau beli silakan," ujar Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, di booth Daihatsu, baru-baru ini. ADM pada pergelaran ini memamerkan teknologi New Smart Assist yang ditanamkan pada New Tanto dan mobil konsep Hy-Fun. (S-3)

BERITA TERKAIT