31 July 2019, 10:45 WIB

Skater Keluhkan Minimnya Pengamanan di Kalijodo


Antara | Megapolitan

PARA skater atau pemain skateboard mengeluhkan kurangnya pengamanan di area Skatepark RPTRA Kalijodo, Jakarta Barat. Hal itu menyebabkan mereka tidak leluasa bermain.    

"Sabtu dan Minggu pasti ramai. Banyak warga umum dan anak kecil duduk-duduk di sini. Nanti kalau kena bagaimana? Ini kan sudah ada aturannya khusus olahraga skateboard," kata pengurus komunitas skate FamilyofXJodo, Ridwan saat ditemui di Jakarta, Selasa (30/7).        

Ridwan mengatakan partisipasi pihak pengelola RPTRA Kalijodo masih kurang untuk membantu memberikan imbauan kepada para pengunjung agar tidak bermain-main di arena skateboard.    

Hal tersebut juga dibenarkan anggota komunitas, Dewi, yang sering bermain skateboard di Kalijodo hampir setiap sore.    

Baca juga: RPTRA Terurus, RTH Kalijodo Kurang Tong Sampah

"Mereka tamasya bawa tikar, makan, minum, sampahnya dibuang sembarangan. Jadi, kita yang kena imbasnya. Skater dicap jelek.  Kalau kita yang imbau malah mereka yang emosi," kata Dewi.    

Akibatnya, Dewi dan para skater lain kesulitan bermain skateboard dengan bebas dan lebih memilih tidak bermain pada Sabtu dan Minggu.    

Selain keluhan pengamanan, Dewi juga mengatakan perbaikan Skatepark Kalijodo lebih banyak dilakukan komunitasnya daripada dinas provinsi terkait.    

"Kita patungan, dikumpulkan dana dari teman-teman. Yang pasang juga teman-teman kita sendiri," kata Dewi.    

Dewi mengaku bersama teman-temannya sudah beberapa kali mengirimkan proposal untuk renovasi namun bantuan yang diberikan hanya sekadar pengecatan tembok saja. (OL-2)

BERITA TERKAIT