29 July 2019, 13:15 WIB

ITF Sunter Akan Salurkan Listrik ke Stadion BMW


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

FASILITAS Pengolahan Sampah Antara (FPSA) atau Intermediate Treatment Facility (ITF) yang sedang dibangun di Sunter, Jakarta Utara akan memasok listrik bagi Stadion BMW atau Jakarta International Stadium (JIS).

Sekretaris Perusahaan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Hani Sumarmo menyebut tenaga listrik yang dihasilkan ITF Sunter hanya berkapasitas 35 megawatt. Angka itu masih terlalu kecil untuk kebutuhan listrik di wilayah Jakarta Utara.

Oleh karenanya, Hani pun menegaskan sementara ini pasokan listrik yang dihasilkan baru akan disalurkan ke Stadion BMW yang dijadwalkan selesai dibangun pada 2021.

"Karena di sebelah kita nanti ada stadion, kemungkinan akan disalurkan ke sana. Baru nanti jika untuk stadion sudah terpenuhi dan ada sisanya, bisa untuk yang lain," ujar Hani ketika dihubungi, Senin (29/7).

Saat ini, baik ITF Sunter maupun Stadion BMW sama-sama sedang dalam proses pembangunan. Keduanya pun ditargetkan selesai dalam waktu yang hampir bersamaan yakni pada 2021.

Baca juga: LRT akan Dilanjutkan Hingga Stadion BMW

Agar bisa menghasilkan listrik dengan days 35 megawatt, ITF Sunter membutuhkan pasokan sampah sebesar 2.200 ton perhari.

Jakpro pun optimistis capaian pasokan sampah akan terpenuhi karena saat ini jumlah sampah yang ada di Jakarta mencapai 6 ribu sampai 6.500 ton perhari.

Pasokan sampah ini sangat penting agar teknologi ITF dapat berjalan dengan baik.

"Dalam pembangunan ITF kan memang harus presisi saat dirancang menghasilkan listrik sekian watt membutuhkan berapa ton itu harus dijaga dengan baik. Jangan sampai ada komponen yang kurang," ujarnya.

Hadirnya pasokan listrik dari ITF ke Stadion BMW ini juga akan menambah elemen penilaian terhadap stadion sebagai gedung ramah lingkungan. Karena listrik yang digunakan berasal dari pengolahan sampah yang berperan untuk mereduksi sampah yang mencemarkan lingkungan.

"Jadi nanti 'greenship'-nya stadion juga akan semakin bagus. Stadion kan memang dirancang sedemikian rupa supaya ramah lingkungan. Dengan listrik ini dari ITF maka akan semakin bagus nantinya," ujarnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT