26 July 2019, 20:35 WIB

Kereta Bandara Hantam Sebuah Minibus di Medan


Yoseph Pencawan | Nusantara

ANTARA/Septianda Perdana
 ANTARA/Septianda Perdana
Kereta api Railink melintas di samping proyek pembangunan Stasiun Layang Kereta Api Railink Medan Besar di kota Medan.

KERETA api Railink yang sedang menuju Bandara Kualanamu menghantam sebuahminibus di Kota Medan, Jumat (26/7), sekitar pukul 18.30 WIB. Sebanyak delapan orang korban tercatat mengalami luka serius.

Sejumlah saksi mata mengatakan, peristiwa itu terjadi saat palang pintu perlintasan kereta api sudah diturunkan. Mobil mendadak muncul keluar dari arah jalan Sawah Lunto berkecepatan tinggi hendak melintasi rel.

Dari pengamatan, jalan tersebut berada di bagian dalam palang pintu. Sementara ujung jalan ini yang langsung menghadap rel, tidak memiliki palang pintu.

"Saya lihat bagian belakang mobil itu tertabrak kereta api," ujar Agus Gultom, saksi mata.

Dikatakannya, sebelum mobil melewati rel, kereta api bergerbong lima itu sudah terlebih dulu lewat sehingga tabrakan tak dapat dielakkan. 

Dari pengamatan, pecahan kaca mobil berserakan di pinggir rel di Jalan Sisingamangaraja di seputaran kantor pusat PDAM Tirtanadi.

Baca juga: Usai Tabrak Mobil, Taksi Kembali Tabrak Ojek Daring

Mobil berplat nomor BK 1503 WX tersebut mengalami kerusakan parah di bagian belakang. Hampir semua kacanya pecah. Para penumpangnya terlihat sedang dievakuasi dan dibawa mobil minibus lain. Mereka dilarikan ke rumah sakit Murni Teguh.

Mobil minibus bermerek Wuling tersebut ditumpangi oleh enam orang dewas dan satu anak-anak. Hampir semua dari mereka tampak tidak sadarkan diri saat dipindahkan ke mobil evakuasi.

Namun tidak terlihat ceceran darah dari tubuh mereka atau yang tertinggal di mobil. Satu korban lagi bernama Iwan Lubis, seorang driver ojek daring.

Saat didatangi dia masih terduduk di pinggir jalan dengan luka pada bagian kaki.

"Saya tadi sempat ketimpa mobil itu habis ketabrak, bang," ujarnya.

Iwan tidak sedang bekerja saat kejadian, tetapi sedang mengantarkan barang yang dipesan istrinya. Namun apes, tanpa diduga ia tertimpa mobil tersebut.

Kejadian ini sempat menimbulkan kemacetan panjang lalulintas di kawasan tersebut selama hampir satu jam. Namun setelah kereta melanjutkan perjalanannya, lalulintas berangsur normal. (A-4)

BERITA TERKAIT