26 July 2019, 20:24 WIB

Jokowi Tanda Tangani Dokumen Amnesti Baiq Nuril Senin


Akmal Fauzi | Politik dan Hukum

ANTARA/Puspa Perwitasari
 ANTARA/Puspa Perwitasari
Ekspresi terpidana kasus pelanggaran UU ITE, Baiq Nuril Maknun (tengah) saat pengesahan amnesti dirinya pada rapat paripurna DPR RI, Kamis.

PRESIDEN Joko Widodo menyebut akan segera memproses dokumen pernyataan persetujuan DPR terkait pengajuan Amnesti untuk Baiq Nuril. Dokumen persetujuan itu akan ditandatangani pada Senin (29/7).

“Nanti insya allah hari Senin kami tanda tangani, kalau tidak maksimal hari Selasa,” ujarnya di Restoran Seribu Rasa, Menteng, Jakarta, Jumat (26/7).

Saat ditanya apakah akan mengundang Baiq Nuril ke Istana, Jokowi mengatakan akan merampungkan dulu surat persetujuan tersebut.

Suratnya dirampungkan dulu, suratnya saja belum sampai ke saya,” kata Jokowi. 

Baca juga: Keppres Amnesti untuk Baiq Nuril Terbit Senin Depan

Sebelumya, terdakwa perkara pelangaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Baiq Nuril, mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan semua pihak yang telah membantu proses permohonan amnestinya.

Nuril yang mengikuti jalannya rapat paripurna dari balkon Gedung Nusantara II langsung sujud syukur setelah permohonan amnestinya disetujui dewan. Ia langsung memeluk putra dan kuasa hukumnya.

"Terima kasih kepada Bapak Presiden (Joko Widodo), terima kasih kepada anggota DPR, dan terima kasih kepada semua pihak yang membantu amnesti saya selama ini," kata Nuril sembari terisak di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7).

Sehari sebelumnya, Komisi III DPR secara aklamasi menyetujui rencana Presiden memberikan amnesti kepada Nuril. Persetujuan serupa juga terjadi dalam rapat paripurna, Kamis (25/7). (A-4)

BERITA TERKAIT