24 July 2019, 20:42 WIB

Mulai Jumat Nanti, LRT Resmi Terintegrasi Halte Transjakarta


Selamat Saragih | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
 ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Pekerja menyelesaikan pembangunan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) atau Skybridge di Jalan Pemuda, Rawamangun, Jakarta.

TERHITUNG dari Jumat (26/7), moda transportasi light rail transit (LRT) trayek Kelapa Gading- Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, resmi terintegrasi dengan Transjakarta di Halte Pemuda tujuan Dukuh Atas.

Direktur Proyek LRT Jakarta, Iwan Takwin, mengatakan, sejak Jumat mendatang masyarakat pengguna LRT sudah bisa menuju daerah Dukuh Atas dengan bus Transjakarta dari Halte Pemuda, Rawamangun, karena sudah terintegrasi dengan Stasiun LRT Velodrome, Rawamangun, melalui jembatan penghubung.

"Dalam uji publik ini rencana hari Jumat kita sudah bisa buka. Jadi penumpang yang dari LRT mau nyambung ke busway sudah bisa, begitu juga sebaliknya bisa dari busway ke LRT sudah boleh," kata Iwan, di Jakarta, Rabu (24/7).

Baca juga: Pembangunan Skybridge LRT-Trans-Jakarta Voledrome Dikebut

Iwan menambahkan, integrasi antaran bus Tansjakarta dan LRT sudah bisa dilakukan mulai Jumat mengingat pembangunan jembatan penghubung Stasiun LRT Velodrome dan Halte Transjakarta Pemuda sudah rampung sejak akhir Juni.

"Tadi pagi kita sudah uji coba dari tapping gate-nya, secara fisik jembatan sudah selesai 100 persen. Inovasi yang dilakukan Transjakarta terhadap haltenya juga sudah selesai renovasinya," ujar Iwan.

Adapun saat ini LRT sudah jalani uji publik sejak 11 Juni lalu. Operasional selama uji publik dilakukan sama dengan saat LRT Jakarta diresmikan nanti yakni pukul 05.30-23.00 WIB.

Selama uji publik, penumpang dapat naik dan turun di lima stasiun layang berbeda mulai Stasiun Boulevard Utara, Boulevard Selatan, Pulomas, Equestrian, dan Velodrome Rawamangun. Hanya Stasiun Pegangsaan Dua yang belum dioperasikan selama uji publik.

Uji publik itu digelar guna memastikan kesiapan operasi sebelum diresmikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Selain itu, pihaknya berharap agar warga kian familiar dengan moda transportasi anyar tersebut. (OL-4)

BERITA TERKAIT