23 July 2019, 08:30 WIB

Sentul City Kelola Sampah


MI | Humaniora

Dok. KLHK
 Dok. KLHK
Tempat pengelolaan sampah di Sentul City Recycle Center

SEJUMLAH perusahaan swasta ternyata peduli dengan pengelolaan sampah.  Salah satunya ditunjukkan lewat kerja sama PT Sentul City Tbk dengan PT Xaviera Global Synergy membangun Sentul City Recycle Center.

Pusat pengelolaan sampah skala kawasan permukim­an dan komersial yang terletak di kawasan Sentul City itu memiliki konsep terintegrasi dengan pusat daur ulang, tempat pengelolaan sampah reuse, reduce, dan recycle (TPS 3R), dan bank sampah.

Xaviera Global Synergy merupakan perusahaan kewirausahaan social waste management pertama di Indonesia dengan konsep pengelolaan sampah di sumber. Saat ini Sentul City Recycle Center mengelola sampah dari 8.000 keluarga dan sekitar 60-an perusahaan. Ia memiliki kapasitas sampah hingga 200 meter kubik per hari atau setara 70-80 ton per hari.

Berkat edukasi kepada masyarakat, pemilahan sampah residu yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) hanya rata-rata 10% dari total jumlah sampah yang dikelola.Hasilnya, terjadi pengurangan volume sampah hingga 90%.

Kegiatan pengelolaan sampah di sumber dengan konsep integrasi bank sampah, TPS 3R, dan pusat daur ulang itu juga menciptakan lapangan kerja baru 70-80 pegawai dan membina lebih dari 30 pemulung. Produk yang dihasilkan berupa pilahan sampah anorganik, kompos, biogas, pembangkit listrik, plastik jadi BBM, dan produk kreatif lain. (RO/S3-25)

BERITA TERKAIT