23 July 2019, 06:20 WIB

Lestarikan Penenun Ulos BI Gandeng UMKM


(Hde/E-1) | Ekonomi

BANK Indonesia (BI) melalui usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaannya memberdayakan kaum ibu, pengangguran, dan anak putus sekolah melalui pelatihan menenun. Pelatihan itu juga punya tujuan besar, yakni mencegah punahnya para penenun ulos, kain tradisional khas Batak.

Salah satu UMKM yang dilibatkan BI untuk melakukan pelatihan menenun ialah Ulos Gallery Sianipar di Medan, Sumatra Utara. Galeri ini memperkerjakan 180 karyawan dan menjadi klaster bagi 50 UMKM lainnya di sekitar Kota Medan.

Robert Sianipar, pemilik Ulos Gallery Sianipar, mengatakan peran BI sangat besar dalam upaya pelestarian para penenun ini dengan memberikan alat bantu mesin tenun bukan mesin (ATBM) dan pendampingan. "BI memberikan bantuan dalam bentuk alat tenun bukan mesin (ATBM) dan pelatihan menenun," kata Robert saat ditemui di ga-lerinya di Medan, Sabtu (19/7).

Robert mengatakan pihaknya merekrut ibu rumah tangga, remaja putus sekolah, dan pengangguran yang kemudian direkrut dan dilatih untuk menenun ulos dengan menggunakan ATBM.

Kerja sama tersebut, kata Robert, selain memberikan lapangan kerja baru, juga untuk melestarikan penenun yang mulai jarang diminati kaum muda.

Selain kerja sama dalam pelatihan menenun, BI juga menjadikan Ulos Gallery Sianipar sebagai galeri binaan. Berkat pembinaan itu, saat ini galeri tersebut memiliki omzet penjualan sekitar Rp1,5 miliar per bulan.

Menurut Robert, para pembeli ulos kebanyakan dari dalam negeri. Selain itu, ada juga pembeli dari mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Jepang, Amerika Serikat, dan sejumlah negara Eropa.

Bukan tanpa alasan BI memilih Ulos Gallery Sianipar sebagai mitra dan binaan. Menurut Deputi Gubernur BI Dodi Budi Waluyo, peran UMKM sangat penting dalam mengurangi jumlah pengangguran dan untuk mencegah perlambatan ekonomi. "Sektor UMKM berperan penting mengatasi perlambatan ekonomi karena dapat merekrut pekerja," jelas Dodi di Medan, Jumat (18/7).

Menurut Asisten Manajer Fungsi UMKM BI Medan Fika Habbina, Ulos Gallery Sianipar telah menjadi binaan BI Medan sejak 2011 dengan tujuan memberdayakan penenun lokal. Dengan menggandeng galeri milik Robert, BI juga mulai merevitalisasi para penenun guna mencegah punahnya para penenun. (Hde/E-1)

BERITA TERKAIT