22 July 2019, 20:35 WIB

PDIP Beberkan Tiga Opsi Paket Pimpinan MPR


Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum

ANGGOTA MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno menyebut tiga kemungkinan opsi paket pimpinan MPR pada periode 2019-2024.

Hendrawan mengatakan pada opsi pertama terdapat pimpinan MPR yang ditentukan secara aklamasi. Dengan opsi aklamasi, membutuhkan figur yang memiliki komunikasi politik mumpuni dan bisa menjembatani kebangsaan antarfraksi dan kelompok-kelompok yang berbeda pandangan.

"Calon ketuanya harus berkaliber dan karakter yang memiliki ketokohan luar biasa," kata Hendrawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/7).

Opsi kedua, Hendrawan mengatakan pemilihan pimpinan MPR kemungkinan akan diisi oleh tiga paket pimpinan. Ia menjelaskan setiap paket akan berisi tiga fraksi partai dan dua dari perwakilan DPD.

"Kemungkinan ada tiga paket yang terdiri dari tiga fraksi, dan dua dari DPD. Ini ekstrem yang kanan dan akan terjadi pemilihan yang cukup seru," ungkap Hendrawan.

Baca juga: Jaksa Agung Optimistis Korps Adhyaksa Melenggang di Capim KPK

Kemudian, pada opsi terakhir, ada kemungkinan munculnya opsi dua paket pimpinan MPR. Namun, jika paket pimpinan MPR hanya ada dua paket, ia menilai peluang kemenangan akan mudah ditebak.

Hendrawan menambahkan opsi mana yang memungkinkan bergantung dari komunikasi politik yang dibangun masing-masing partai.

Bagi PDI Perjuangan, lanjut Hendrawan, paket yang paling memungkinkan adalah adanya opsi dua paket.

"Yang sekarang diperhitungkan masih dua paket, tapi itu tidak berarti kita menutup peluang untuk aklamasi," pungkasnya.

Seperti diketahui, dalam UU MD3 Pasal 427C, pimpinan MPR setelah hasil Pemilu 2019 terdiri atas 1 ketua dan 4 wakil ketua. Pimpinan dipilih dari dan oleh anggota MPR dalam satu paket yang bersifat tetap.

Tiap fraksi dan kelompok anggota dapat mengajukan satu orang bakal calon pimpinan MPR. Kemudian pimpinan MPR dipilih secara musyawarah untuk mufakat dan ditetapkan dalam rapat paripurna MPR.(OL-5)

Summary: PDIP menikai paket ketua MPR yang paling memungkinkan adalah opsi dua paket pimpinan MPR. (OL-5)

BERITA TERKAIT