20 July 2019, 22:46 WIB

Kemendagri Pastikan Anies Kantongi Izin Tambah Waktu Kunjungan


Melalusa Sushtira Khalida | Megapolitan

MI/Dede Susianti
 MI/Dede Susianti
Plt Dirjen Otda Kemendagri Akmal Malik

MENANGGAPI lawatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke Kolombia dan Amerika Serikat yang molor sehari dari izin yang diajukan, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik menegaskan perpanjangan waktu kunjungan ke luar negeri tersebut telah mengantongi izin.

"Soal perpanjangan izinnya, sudah disampaikan ke Kemendagri. Jadi tidak ada masalah selama sudah izin dan disetujui," kata Akmal di Jakarta, Sabtu (20/7).

Awalnya izin lawatan Anies ke luar negeri hanya sampai pada Rabu (17/7). Namun, karena ada agenda tambahan Anies kemudian memperpanjang izin satu hari sehingga baru pulang menuju Indonesia pada Kamis (18/7), dan tiba di Jakarta pada Jumat (19/7) pagi.

"Kalau agendanya tidak penting dan tidak izin, itu yang masalah. Selama sudah izin, sah-sah saja," ungkap Akmal.

Baca juga : Anies: Saya Bukan Studi Banding di Luar Negeri, tapi Ceramah

Anies bertolak pertama kali pada Selasa (9/7) dengan tujuan Meddeline, Kolombia untuk menghadiri World Cities Summit Mayors Forum (WCSMF) ke-10 yang berlangsung hingga Jumat (12/7).

Dari Kolombia, Anies langsung menyambung dengan agenda kunjungan ke Amerika Serikat.

Di Negeri Paman Sam tersebut, Anies diketahui bertolak ke dua kota besar yakni New York dan Washington DC. Anies diundang menjadi pembicara dalam forum United States-Indonesia Society (USINDO).

Mantan Rektor Universitas Paramadina tersebut juga hadir dalam pertemuan International Food Policy Research (IFPR).

Terakhir, Anies juga bertemu dengan pimpinan lembaga penyelenggara turnamen Formula E. Di sana,  Jakarta digadang-gadang akan menjadi tuan rumah balapan mobil listrik bergengsi tersebut pada 2020. (OL-7)

BERITA TERKAIT