20 July 2019, 20:30 WIB

NasDem Paling Banyak Kirim Wakil ke DPRD Manggarai Barat


John Lewar | Nusantara

MI/John Lewar
 MI/John Lewar
Rapat Pleno Terbuka Penetapan Caleg Terpilih di DPRD Manggarai Barat

SEBANYAK 13 Partai Politik dari 16 kontestan Pemilu 2019 yang memperebutkan 30 kursi DPRD Kabupaten Manggarai Barat, sukses mengirimkan perwakilannya. Artinya, hanya 3 parpol yang tidak memiliki wakil di DPRD Manggarai Barat.

Dari ke-13 parpol yang lolos itu, Partai NasDem diketahui menjadi yang terbanyak mengirim wakil rakyatnya dengan merebut 5 kursi DPRD Manggarai Barat.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manggarai Barat Robertus V. Din dalam Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik Peserta Pemilu dan Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat Periode 2019-2024, di Hotel Jayakarta Labuan Bajo, Sabtu (20/7).

"Partai politik yang memperoleh kursi DPRD Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 13 partai politik dari 16 partai politik peserta Pemilu Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Manggarai Barat," katanya.

Baca juga : Ini Aturan Penetapan Kursi Parpol dan Caleg DPRD Terpilih

Tiga Parpol yang tidak kebagian kursi di Manggarai Barat, ungkap Robertus ialah Partai Solidaritas Indonesia, Partai Berkarya, dan Partai Garuda yang sama-sama merupakan pendatang baru di Pemilu 2019.

Di sisi lain, dengan keluarnya NasDem sebagai pemenang Pileg 2019 di Manggarai Barayt, dominasi Golkar yang selama ini selalu jadi pemenang di Manggarai Barat. Kini partai berlambang pohon beringin itu hanya meraup 3 kursi.

Raihan 3 kursi juga dicatat oleh PDIP, PAN, PKB, Partai Demokrat dan Partai Hanura.

Adapun 7 kursi tersisa masing-masing diraih PKS dengan 2 kursi serta Partai PPP, Partai Perindo, PBB, PKPI dan Partai Gerindra yang masing-masing mengoleksi 1 kursi.

Dari 13 parpol yang mendapatkan jatah kursi DPRD Kabupaten Manggarai Barat ini, Partai Perindo tercatat menjadi satu-satunya new comer yang sukses mengutus wakilnya ke lembaga legislatif. (OL-7)

BERITA TERKAIT