20 July 2019, 19:00 WIB

Pemkab Optimistis Kepulauan Seribu Jadi Bali Baru


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

MI/Putri Yuliani
 MI/Putri Yuliani
Wakil Bupati Kepulauan Seribu Junaidi memperlihatkan instalasi berbentuk kapal di anjungan Kabupaten Kepulauan Seribu

PEMERINTAH Kabupaten Kepulauan Seribu optimistis dalam waktu yang tidak lama, satu-satunya kabupaten di DKI Jakarta itu bisa menjadi salah satu Bali baru. Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaidi, mengatakan pada akhir pekan saja Kepulauan Seribu sudah dikunjungi 50 ribu pengunjung.

Saat ini pun Pemprov DKI terus mengupayakan perbaikan infrastruktur dan penataan transportasi guna meningkatkan kunjungan pariwisata ke wilayah yang berada di Teluk Jakarta itu. Sebab, kedua sektor tersebut dinilai menjadi tantangan pengembangan wisata Kepulauan Seribu.

Baca juga: Rasakan Sensasi Aduk Dodol di Lebaran Betawi

"Seperti penyediaan air bersih. Kami harus terus menambah fasilitas pengolahan air laut menjadi air tawar. Sementara untuk listrik sudah 24 jam," kata Junaidi saat ditemui di acara Lebaran Betawi, Sabtu (20/7).

Di samping itu, Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu juga bekerja sama dengan Ikatan Putera Puteri Bahari guna memberikan dukungan pembinaan bahasa asing kepada penduduk muda di Kepulauan Seribu agar bisa berperan menjadi pemandu wisata bagi turis mancanegara.

"Kami minta bantuan Putera Puteri Bahari untuk promosi sekaligus bagaimana memberikan bantuan penduduk agar bisa menjadi pemandu wisata. Karena kunjungan turis asing juga mulai kelihatan," terangnya.

Sementara itu, penataan transportasi juga dilakukan bekerja sama dengan Dinas Perhubungan. Di sisi lain, Junaidi juga menjadikan ajang pesta rakyat seperti Lebaran Betawi menjadi ajang promosi pariwisata.

Ia pun memboyong beberapa ikon wisata Kepulauan Seribu seperti Jembatan Pohon Pengantin dan pemandangan Pulau Kelor dalam bentuk banner yang menjadi lokasi swafoto bagi pengunjung.

Adapun Presiden RI, Joko Widodo, sebelumnya memang menegaskan setiap wilayah harus memiliki objek pariwisata andalan yang bisa serupa Bali yang terkenal hampir ke seluruh dunia. (OL-6)

BERITA TERKAIT