19 July 2019, 23:52 WIB

Blok Masela Buat Rasio Penggantian Cadangan Migas Bisa Capai 300%


Nur Aivanni | Ekonomi

Antara/Rivan Awal lingga
 Antara/Rivan Awal lingga
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto

KEPALA Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan bahwa rasio penggantian cadangan migas atau reserve replacement ratio (RRR) bisa mencapai 300% dengan adanya rencana pengembangan Blok Masela atau plan of development (POD) LNG Abadi.

"Juli ini, POD Masela di-approve, maka cadangannya menjadi tambahan. Dari sana saja kalau ditarik sampai satu tahun maka RRR kita akan mencapai di atas 300%," katanya dalam paparan kinerja hulu migas semester satu 2019, di Jakarta, Jumat (19/7).

Baca juga : Inpex Janji Blok Masela akan Mulai Produksi pada 2027

Adapun potensi cadangan migas selama semester satu 2019 adalah sebesar 132 juta setara barel minyak (MMboe) dari 13 persetujuan rencana pengembangan lapangan (POD) yang sudah disetujui.

"Jumlah tersebut secara akumulasi menghasilkan rasio penggantian cadangan sebesar 23,85% dari target APBN 2019 sebesar 100%," katanya.

Untuk diketahui, INPEX Corporation (INPEX) melalui anak perusahaannya, INPEX Masela secara resmi telah mendapatkan persetujuan dari pemerintah Indonesia terkait revisi rencana pengembangan Blok Masela atau plan of development LNG Abadi.

Selain menyetujui revisi POD, pemerintah juga setuju untuk mengalokasikan tambahan waktu tujuh tahun dan perpanjangan 20 tahun untuk kontrak kerja sama (KKS) Blok Masela sehingga periode diperpanjang hingga 2055. (OL-7)

BERITA TERKAIT