20 July 2019, 15:00 WIB

Rayakan 50 Tahun 'Moon Landing', Tonton Lagi Yuk Film-Film Ini!


Irana Shalindra | Weekend

AFP/NASA/NEIL ARMSTRONG (STR)
 AFP/NASA/NEIL ARMSTRONG (STR)
Sosok astronot Buzz Aldrin tengah berjalan di permukaan Bulan, 20 Juli 1969. Tampak pantulan sosok Neil Armstrong pada kaca helm Buzz.

"That's one small step for man, one giant leap for mankind." Ucapan astronot Neil Armstrong ketika ia melangkahkan kakinya di Bulan, dan direkam dengan kamera oleh Buzz Aldrin, kini menjadi legendaris.

Lima puluh tahun lalu, menumpangi pesawat roket Apollo 11, tiga astronot terbang dari Bumi ke Bulan. Neil Armstrong, Edwin 'Buzz' Aldrin, dan Michael Collins. Berangkat dari empat hari sebelumnya, mereka tiba di orbit Bulan pada 20 Juli.

Sementara Collins berjaga dalam pesawat yang tetap berada dalam orbit, Armstrong dan Aldrin 'turun' ke Bulan. Pendaratan yang mereka lakukan tercatat sebagai salah satu sejarah paling signifikan bagi umat manusia.

Kalau ingin ikutan mengenang 50 tahun pendaratan manusia di Bulan, tidak ada salahnya jika akhir pekan ini, kita tonton kembali sejumlah film yang mengangkat tema tentang penjelajahan antariksa. Sebagai catatan, para awak Apollo 11 tersebut mendapat predikat Anggota Kehormatan dari American Society of Cinematographers atas dokumentasi yang mereka lakukan 'di atas sana'.

Nah, apa saja film-filmnya? Simak beberapa judul di bawah ini.

Apollo 11: First Steps Edition (2019)
Lewat film dokumenter ini, sutradara Todd Douglas Miller membawa kita kembali ke misi yang tak terlupakan -dari saat-saat terakhir persiapan, peluncuran, pendaratan dan kembalinya Apollo 11 ke Bumi. Dengan menyematkan rekaman 70 mm dan rekaman audio yang belum pernah ditayangkan sebelumnya, film ini pantas untuk dilihat.

Rencananya, dokumenter Apollo 11 yang orisinal, yang menjadi sumber acuan film ini, akan ditayangkan pada 20 Juli di CNN dan disiarkan di Amazon, Google Play, Vudu dan YouTube.

The First Man (2018)
Film ini ialah dramatisasi dari petualangan Apollo 11 dan mendapatkan cukup banyak apresiasi saat tayang di bioskop. Film ini dibintang Ryan Gosling sebagai Neil Armstrong. Sutradara Damien Chazelle --yang juga bekerja bersama Gosling dalam La La Land-- menunjukkan bagaimana Armstrong yang pendiam menjaga kehidupan dan emosinya, terlepas dari gejolak emosi, tekanan kuat, dan bahaya misi yang mengejutkan.

Memanfaatkan sebuah tambang batu terpencil sebagai lokasi syuting, Chazelle juga dianggap cukup sukses menciptakan kembali suasana pendaratan dan momentum saat Armstrong melangkah di Bulan. Film itu rencananya akan diputar HBO (mulai 20 Juli) dan streaming di HBO, Google Play, Amazon Prime dan YouTube.

Apollo 13
Kisah film ini mengikuti peristiwa yang terjadi dua misi setelah Apollo 11. Berbeda dengan Apollo 11, Apollo 13 menemui petualangan yang lebih berisiko dan mengancam nyawa. Disutradarai oleh Ron Howard, aktor Tom Hanks (Jim Lovell), Kevin Bacon (Jack Swigert) dan Bill Paxton (Fred Haise), tampil sebagai astronot yang berhadapan dengan bahaya setelah terjadi ledakan dalam kapal.

Adegan di mana para insinyur penerbangan mencari solusi di lapangan hanya bekerja dengan peralatan jarang yang dimiliki para astronot memberikan indikasi serius tentang betapa rumitnya misi ini.

Interstellar (2014)
Okay, ini bukan film tentang Bulan, tapi masih berkaitan dengan antariksa dan upaya manusia untuk mengeksplorasi ruang angkasa. Film fiksi ilmiah ini merupakan salah satu karya fenomenal sutradara Christopher Nolan.

Di dunia rekaan Nolan tersebut, Bumi yang 'sakit' tidak akan lama lagi bisa dihuni manusia. Karena itu, manusia perlu mencari planet lain untuk tempat tinggal. Cooper (Matthew McConaughey), eks pilot uji coba NASA, mengemban misi untuk memimpin pencarian tersebut. Dalam petualangan Cooper, penonton akan diajak menyimak tentang wujud 5 dimensi, lubang hitam, gravitasi, dan tentu saja, melihat planet-planet asing imajinatif yang mencengangkan.

Iqro: My Universe
Film dalam negeri ini yang dibintangi  Aisha Nurra Datau, Cok Simbara, dan Maudy Koesnadi ini mungkin saja termasuk film anak. Akan tetapi, isinya dapat beresonansi dengan banyak orang dewasa yang pada saat bocah memimpikan menjadi astronot dan pergi ke luar angkasa.

Film yang didedikasikan untuk astronot pertama Indonesia, Pratiwi Sudharmono, tersebut tengah tayang di bioskop nasional. Go and watch! (M-2)

 

BERITA TERKAIT