19 July 2019, 08:00 WIB

Haruskah Menikah Dikejar Usia


mediaindonesia.com | Advertorial

Istimewa/Metro TV
 Istimewa/Metro TV
Provocative Mindset

BINGUNG orangtua mendesak anaknya segera menikah? Karena usia sudah dewasa, harus hidup mandiri tanpa bantuan orangtua, dan segera menyelesaikan semua target. Pertanyaannya, apa sebenarnya tujuan seseorang memutuskan untuk menikah?

Kalau untuk mencapai kebahagiaan, betapa banyak kita mendengar orang menikah tidak bahagia. Kalau alasan gengsi atau malu tiap ketemu temen-temannya selalu ditanyain begitu terus, sedangkal itukah? Atau karena alasan kultur atau tradisi yang mengharuskan anaknya menikah? Atau karena alasan agama? Menikah gampang, menjalani sulit. Apalagi mempertahankannya.

Dalam merencanakan menikah sepatutnya memperhatikan sisi ekonomi atau ketika sudah mapan. Kemapanan dalam emosi dan finansial. Ketidakmapanan inilah yang justru membuat rumah tangga tidak solid mengarungi bahtera yang penuh tantangan dan ujian.

Jika menikah dengan alasan yang salah tentu akan menghadapi banyak masalah. Menikah muda atau tua itu pilihan, bahkan tidak menikah pun itu pilihan. Hargailah pilihan anak. Bagi sang anak juga harus menggunakan hak dan pilihan dengan bijak. Provocative Mindset episode Dikejar Usia disponsori oleh Polytron. (S2-25) (Hym/S1-25/OL-09)

BERITA TERKAIT