17 July 2019, 21:38 WIB

Warga Desa Komodo Menolak Penutupan dan Dipindah


John Lewar | Nusantara

Ribuan Warga Komodo Demo Tolak Penutupan Pulau Komodo

RIBUAN masyarakat di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) berujuk rasa menolak rencana penutupan Pulau Komodo dalam setahun dengan dalih konservasi.

Ribuan warga menempuh perjalanan sekitar 8 kilometer mulai dari Kampung Ujung Kelurahan Labuanbajo menuju kantor DPRD Manggarai Barat.

Pendemo yang mayoritas asal Desa Komodo itu menentang dan menolak keras rencana penutupan untuk menutup Pulau Komodo dari aktivitas kunjungan selama 2020 dan rencana pemindahan penduduk Desa Komodo ke tempat lain.

Di sepanjang ruas jalan tua muda besar kecil menyerukan yel menolak penutupan pulau komodo.Tulisan spanduk dan baliho menolak penutupan Pulau Komodo.

Baca juga: Pulau Komodo Ditutup, Wisatawan Diarahkan ke Rinca

Koordinator aksi, Ikshan, mengatakan warga asli Kampung Komodo menolak rencana penutupan pulau komodo.

"Kami menolak penutupan Pulau Komodo dengan dalih konservasi. Biarkan alam komodo tumbuh dan berkembang secarah alami. Warga Desa Komodo juga menolak untuk dipindahkan," tegas Ikshan.

Menurut dia, masyarakat Desa Komodo menginginkan pembangunan pariwisata dan konservasi dengan memperhitungkan keberadaan dan mementingkan hak penduduk Desa Komodo.

"Penutupan Pulau Komodo akan menghilangkan mata lencarian warga," ucap Muhamad, peserta demo. (X-15)
 

BERITA TERKAIT