16 July 2019, 14:30 WIB

Edukasi Warga soal KDRT, WOM Finance Gelar Seminar di Kalijodo


Ghani Nurcahyadi | Humaniora

Dok. WOM Finance
 Dok. WOM Finance
Seminar soal KDRT yang digelar WOM Finance

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk atau WOM Finance kembali melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk Seminar “Optimalisasi Peran Keluarga dan Masyarakat Dalam Perlindungan Terhadap Kekerasan Seksualitas”.

Seminar ini mengambil tema Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari ibu rumah tangga dan anak perempuannya. Seminar diadakan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo pada Jumat (12/7).

Direktur WOM Finance Zacharia Susantadiredja mengatakan, perempuan dan anak adalah warga bangsa yang paling rentan mengalami kekerasan fisik dan psikis, padahal keduanya adalah penjamin eksistensi manusia di bumi dan masa depan peradaban.

Menurutnya pelecehan dan kekerasan telah menurunkan harga diri, kepercayaan dan kepribadian serta menjadi pengalaman traumatis bagi perempuan dan anak di Indonesia.

Baca juga : Kepedulian PT KNI pada Limbah Plastik Hasilkan Sarjana Kebidanan

Menurut Zacharia, ada banyak faktor penyebab kekerasan dalam rumah tangga terjadi. Misalnya, kesiapan calon pengantin, lingkungan keluarga, sosial, budaya dan lain-lain.

"KDRT juga terkadang merupakan sebuah siklus. Keluarga yang didalamnya terjadi kekerasan, besar kemungkinan anak anaknya berpotensi meniru hal yang sama di kemudian hari ketika memiliki keluarga sendiri. Untuk itu, upaya preventif penting dilakukan, untuk menghapus segala bentuk kekerasan termasuk dalam keluarga," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Sebagai pembicara dalam seminar ini adalah Lusitawati, S.Psi dan Putu Elvina, S.Psi, MM yang merupakan perwakilan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Kedua pembicara ini menegaskan bahwa KDRT masih menjadi fenomena yang cukup memprihatinkan dan perlu dilakukan upaya untuk menanganinya.

Korban-korban kekerasan dalam rumah tangga akan menanggung resiko fisik dan psikologis yang menimbulkan ketidaknyamanan dan bisa menjadi kendala yang cukup serius dalam menjalani kelangsungan hidupnya.

Lurah Kelurahan Angke, Jakarta Barat, H. Martadilla yang turut hadir dalam seminar tersebut mengucapkan terima kasih kepada WOM Finance yang telah menyelenggarakan seminar mengenai kekerasan seksual dan KDRT di lingkungan kelurahannya.

Menurutnya kegiatan semacam ini sangat perlu digelar bagi ibu-ibu rumah tangga dan anak-anak perempuan untuk menambah pemahaman mereka mengenai dampak dari KDRT di masa depan.

“Saya juga berharap agar WOM Finance dan KPAI terus melakukan program sinergis seperti ini di keluarahan yang lain sehingga kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat teratasi dengan baik,” ujarnya. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT