15 July 2019, 23:32 WIB

BMW X7 Hadirkan Teknologi Masa Depan di GIIAS 2019


Nurtjahjadi | Otomotif

Dok. BMW Group Indonesia
 Dok. BMW Group Indonesia
BMW X7

BMW kembali menorehkan sejarah dengan meluncurkan keluarga baru SAV (Sport Activity Vehicle) termewah BMW X7.

Di Indonesia kendaraan eksklusif ini hadir dalam sosok BMW X7 xDrive40i Pure Excellence yang menjadi bagian dari kendaraan yang dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan menjelaskan, The X7 adalah lanjutan dalam model offensive BMW di segmen kendaraan premium. Model ini juga menjad perluasan dari portofolio model BMW X oleh BMW Group.

“Model terbaru dan paling lapang dari rangkaian kendaraan BMW X menggunakan teknologi powertrain dan sasis yang inovatif untuk ciptakan pengalaman berkendara sempurna." imbuh Ramesh.

Desain eksterior The X7 membawa kemewahan ke tingkatan baru. Dengan panjang 5,151 mm, lebar 2,000 mm, dan tinggi 1,805 mm, serta dengan sumbu roda 3,105 mm, BMW X7 tawarkan proporsi yang harmonis dan menjadikannya sebagai model Seri 7 dalam rangkaian kendaraan BMW X.

Baca juga : Servis di Bengkel Resmi tidak Menguras Kantong

Hadir dengan Kidney grille terbesar bersama dengan lampu depan kembar yang ramping dan memanjang hingga ke grille yang menegaskan kendaraan lebar. Fascia depan dipertegas dengan BMW Laserlight sebagai standar, juga air intake yang lebar dengan sentuhan chrome bar.

Design Pure Excellence tampilkan sentuhan chrome bar versi tiga dimensi hampir di seluruh bagian. Di bagian apron depan di kedua sisi underguard aluminium tersedia lampu kabut depan LED yang ramping. Jendela besar dan garis atap yang panjang menegaskan interior yang lapang.

Pintu belakang lebih panjang daripada pintu depan menekankan fungsionalitas kendaraan. Bentuk bodi hadir dengan garis karakter yang mencolok naik hingga ujung belakang, menjadi ciri khas dari bahasa desain baru BMW.

Interior menghadirkan sensasi baru dari kelapangan ruang di segmen kendaraan premium. Tiga baris kursi yang dipasang sebagai standar menawarkan ruang untuk 6 orang secara total. Barisan depan dapat disesuaikan dengan kursi yang dilengkapi pengaturan multifungsi termasuk fungsi pijat yang menambah kenyamanan perjalanan jauh.
 
Penumpang di baris kedua dapat duduk di kursi captain seat dilengkapi dengan sandaran tangan, bantalan berbahan Alcantara yang nyaman, dan port USB. Sementara penumpang baris ketiga juga mendapatkan kenyamanan lebih dengan kontrol 5-zone air conditioning, panoramic glass roof yang lebih panjang.

Bangku baris ketiga dapat ditekuk menjadi sama rata dengan bagasi. Semua pengaturan kursi dilakukan secara elektrik dengan menekan satu tombol, kapasitas ruang bagasi dapat ditingkatkan dari 326 liter hingga maksimum 2.120 liter, sesuai kebutuhan.

Suspensi udara standar memungkinkan kendaraan direndahkan dengan satu sentuhan tombol pada bagasi untuk memudahkan proses pemuatan.

BMW X7 memiliki tailgate yang terpisah dua bagian, keduanya dapat dibuka dan ditutup secara elektrik. Fitur Comfort Access juga dapat membuka dan menutup tailgate secara otomatis, hanya dengan gerakan kaki.

BMW X7 hadir dengan leather trim  Merino dan opsi BMW Individual yang tersedia dalam empat varian warna. Atap kaca panorama Sky Lounge dengan cahaya LED yang tersebar merata di permukaan kaca untuk menerangi lebih dari 15.000 pola grafik bagaikan pemandangan langit berbintang.

Susunan warna dari cahaya atmosferik ini dapat disetel sesuai keinginan. Ambient lighting termasuk Welcome Light Carpet dan Dynamic Interior Light tersedia untuk menyambut semua penumpang. 16 speaker dan sound system Harman Kardon sebagai standar, manjakan pengemudi dan penumpang di dalam BMW X7.

Cockpit Professional dilengkapi Control Display dan kluster instrumen yang sepenuhnya digital, masing-masing dengan layar diagonal berukuran 12.3 inci, lengkap dengan BMW Intelligent Personal Assistant yang diaktifkan dengan kalimat 'Hello BMW'.

Sistem kontrol baru ini juga memungkinkan penumpang belakang kendaraan untuk memilih dan mengoperasikan fitur hiburan via touch display, Blu-ray dan HDMI, baik menggunakan sumber media mereka sendiri maupun sumber yang tersedia di kompartemen depan.

BMW X7 xDrive40i dilengkapi mesin bensin 3.0-liter enam silinder plus BMW TwinPower Turbo yang terdiri dari turbocharging, High Precision Injection, VALVETRONIC fully variable valve timing dan Double-VANOS variable camshaft control.

Mesin ini menghasilkan 340 hp pada 5,500-6,500 rpm dan torsi maksimum 450 Nm dari 1.500 rpm, memungkinkan THE X7 untuk melesat dari 0-100 km/jam dalam 6,1 detik dengan kecepatan puncak 245 km/jam.

Transmisi Steptronic Sport 8-percepatan generasi baru dilengkapi dengan peredam torsi untuk membatasi penyimpangan rotasi di powertrain.

Mesin ini dipadu sistem all-wheel-drive BMW xDrive cerdas dan teknologi sasis terbaru memberikan kemampuan mumpuni di medan off-road.

BMW xOffroad Package terhubung dengan sistem DSC yang membatasi penyamaan kecepatan rotasi roda di bagian dalam dan luar tikungan untuk meminimalisasi understeer saat menikung pada kecepatan tinggi.

Adaptive suspension yang dikontrol secara elektronik, dan pegas udara di kedua axle memungkinkan ground clearance dapat bervariasi hingga 80 mm dapat disesuaikan dengan kondisi jalan. Saat driving mode SPORT diaktifkan atau kecepatan kendaraan melebihi 138 km/jam, ground clearance secara otomatis turun 20 mm.

Baca juga : Jakarta Butuh 933 Bengkel untuk Uji Emisi

Sistem driver assistance canggih yang tersedia untuk tingkatkan kenyamanan dan keselamatan pengguna. BMW X7 xDrive40i Pure Excellence hadir dengan Cruise Control dengan fungsi pengereman, serta Collision and Pedestrian Warning dengan fungsi City Braking, yang menginfokan pengemudi saat pengendara sepeda terdeteksi di sekitarnya.

Parking Assistant dapat memilih dan bermanuver secara otomatis ke slot parkir yang sejajar dengan jalan tanpa campur tangan pengemudi. Seluruh sistem bekerja sama untuk membuat gambar 360° dari kendaraan dan area sekitarnya pada Control Display.

Contoh lain dari langkah BMW menuju era kendaraan otonom dihadirkan oleh Reversing Assistant. Saat keluar dari ruang parkir atau bermanuver di area sempit, fungsi ini tawarkan bantuan yang belum tertandingi oleh brand lain.

Reversing Assistant merupakan bagian dari Parking Assistant standar yang membantu mundur otomatis di area sempit atau saat pengemudi tidak memiliki visibilitas yang jelas. Sistem ini dapat memundurkan kendaraan hingga 50 meter mengikuti garis yang sama persis yang dilalui saat bergerak maju; yang harus dilakukan pengemudi hanya mengoperasikan pedal gas dan rem.

Contohnya: Reversing Assistant dapat digunakan untuk mengeluarkan BMW X7 secara mundur dari parkir yang dimasukinya dengan maju ke depan pada hari sebelumnya. First-Ever BMW X7 dibanderol dengan harga Rp2,399 miliar off-the-road. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT