14 July 2019, 20:31 WIB

BI Optimistis Aliran Modal Meningkat Pascapemilu


Nur Aivanni | Ekonomi

MI/Pius Erlangga
 MI/Pius Erlangga
Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara

DEPUTI Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara optimistis aliran modal asing yang masuk ke Indonesia (capital inflow) akan lebih banyak.

Selain didukung kondisi global yang mulai kondusif, stabilitas politik dalam negeri yang damai dengan ditandai pertemuan antara presiden terpilih Joko Widodo dan calon presiden Prabowo Subianto, kata Mirza, akan membuat capital inflow lebih banyak masuk ke dalam negeri.

"Kondisi global yang kondusif buat emerging market, buat Indonesia, plus kondisi politik dalam negeri yang damai, ini akan membuat capital inflow masuk lebih banyak, dan membuat sektor dunia usaha akan menjadi optimis untuk mulai berinvestasi dan masyarakat menjadi lebih optimis lagi untuk melakukan konsumsi," kata Mirza saat ditemui di JCC, Jakarta, Minggu (14/7).

Posisi capital inflow per Juni, kata Mirza, sudah sedikit lebih tinggi dari akumulasi 2017. "Per Juni akumulasi dari capital inflow masuk ke Indonesia, itu sudah sedikit lebih tinggi dari akumulasi 2017. Dan 2016, 2017 adalah capital inflow cukup besar masuk ke Indonesia. Dan sekarang posisinya, sejak selesai pemilu, sejak suku bunga Amerika tanda-tandanya akan turun, maka capital inflow masuk ke Indonesia, makanya kemarin kurs Rupiah sudah mendekati Rp 14.000," tuturnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT