Inggris Siap Lepas Kapal Tanker Minyak Iran yang Ditahan


Penulis: Deri Dahuri - 14 July 2019, 12:14 WIB
AFP/Jorge Guerrero
 AFP/Jorge Guerrero
Kapal tanker Grace I yang membawa minyak dari Iran ditahan otoritas Inggris di Gibraltar.  

Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris Jeremy Hunt berupaya meredakan ketegangan dengan Iran. Pada Sabtu (13/7), Hunt mengatakan kapal tanker yang membawa minyak dari Iran yang ditahan di Gibraltar siap dilepas jika Iran menjamin bahwa kapal tersebut tidak sedang menuju Suriah.

Hunt mengatakan telah berkomunikasi via telepon dengan Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif. Dia menegaskan kepada Zarif bahwa Tehran diminta untuk tidak membuat ketegangan dengan negara lain.

'Saya meyakinkan dia mengenai tujuan dari kapal tanker Grace One bukan tanya soal asal minyaknya, yang ditahan pada 4 juli di pantai wilayah Gibraltar yang masuk teritori Inggris' cuit Hunt di media sosial miliknya.

Dalam jawaban yang diberikan pihak Tehran, ditegaskan soal isi pembicaraan. Dijelaskan Hunt telah menggarisbawahi bahwa Iran punya hak untuk mengekspor minyak. Pemerintah Iran juga berharap bahwa hasil investigasi di Gibraltar terkait penahanan kapalnya akan mengarah kepada pelepasan kapal tankernya.

Berbeda halnya dengan pernyataan dari para pejabat Amerika Serikat (AS). Para pejabat dari negara yang sedang memanas hubungan dengan Iran itu meyakini bahwa kapal tanker yang membawa minyak Iran itu memang hendak menuju Suriah untuk memasok minyak dan tindakan tersebut sebagai bentuk pelanggaran sanksi yang diberlakukan AS dan juga Uni Eropa.

Di sisi lain, bersamaan dengan proses penyelidikan yang dilakukan pengadilan Gibraltar, Hunt mengatakan bahwa Inggris akan memfasilitasi pelepasan (kapal tanker yang mengangkut minyak dari Iran) jika pihaknya telah mendapat jaminan kapal tanker  tersebut tidak menuju Suriah.

"Dikatakan oleh Menlu Zarif bahwa Iran ingin menyelesaikan masalah dan tidak sedang membuat ketegangan," jelas Hunt.

Sebelumnya, Tehran sempat bereaksi dengan marah. Terlebih lagi dalam pekan ini, Inggris mengatakan bahwa kapal militer Iran berupaya menghambat laju kapal tanker Inggris di Selat Hormuz. (AFP/Drd)

BERITA TERKAIT